KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX-1 SMP NEGERI 19 BATANGHARI DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI GEOMETRI KEKONGRUENAN BANGUN DATAR

AUDINA, CHAMILA PUTRI and Zulkardi, Zulkardi (2021) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IX-1 SMP NEGERI 19 BATANGHARI DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI GEOMETRI KEKONGRUENAN BANGUN DATAR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081181823002.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823002_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823002_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823002_0002046104_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84202_06081181823002_0002046104_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823002_0002046104_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823002_0002046104_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823002_0002046104_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823002_0002046104_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823002_0002046104_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823002_0002046104_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823002_0002046104_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823002_0002046104_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823002_0002046104_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823002_0002046104_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081181823002_0002046104_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081181823002_0002046104_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX-1 SMP Negeri 19 Batanghari pada materi geometri kekongruenan bangun datar setelah diterapkan pendekatan PMRI. Subjek penelitian yang dipilih yaitu siswa kelas IX-1 SMP Negeri 19 Batanghari. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes tertulis, dan wawancara. Dalam penelitian ini, pembelajaran PMRI dilakukan dengan memberikan Sharing Task dan Jumping Task dilanjutkan dengan memberikan soal tes bertipe PISA dengan konteks COVID-19 sebanyak 2 butir. Hasil yang didapatkan adalah rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI-1 SMP Negeri 19 Batanghari dengan pendekatan PMRI pada materi geometri kekongruenan bangun datar berdasarkan nilai kualitatif kemampuan penalaran dikatakan cukup dilihat dari nilai rataratanya yaitu 48,9 dengan indikator yang sering muncul adalah manipulasi matematika, kemudian menarik kesimpulan, dan yang jarang muncul adalah indikator mengajukan dugaan. Secara keseluruhan kemampuan penalaran matematis siswa kelas IX-1 SMP Negeri 19 Batanghari dalam menyelesaikan soal tipe PISA pada materi kekongruenan bangun datar menggunakan PMRI konteks COVID19 menggunakan pendekatan PMRI adalah terkategori cukup dilihat pada indikator kemampuan penalaran matematis karena siswa terbiasa memodelkan permasalahan kontekstual sehingga indikator yang paling banyak muncul yaitu indikator manipulasi matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, PISA, Kekongruenan Bangun Datar, Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Miss Chamila Putri Audina
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:12
Last Modified: 26 Jan 2022 04:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/62571

Actions (login required)

View Item View Item