KEEFEKTIFAN MODEL PEMETAAN PIKIRAN PADA KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 19 PALEMBANG

ERMALINDA, ERMALINDA and Indrawati, Sri and Ernalida, Ernalida (2008) KEEFEKTIFAN MODEL PEMETAAN PIKIRAN PADA KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 19 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06043112019.pdf] Text
RAMA_88201_06043112019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (117MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_02.pdf] Text
RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_03.pdf] Text
RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_04.pdf] Text
RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_05.pdf] Text
RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06043112019_0012075914_0015026902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (54MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pemetaan pikiran dalam pembelajaran keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas IX SMP Negeri 19 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (iquasi-eksperimental-research) dengan desain Control group pre-test post-test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IX-6 dan IX-7. Sampel penelitian seluruhnya beij unilah 78 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, peneliti menggunakan purposive sample sehingga didapatlah rincian 38 siswa kelas IX.7 sebagai kelompok kontrol dan 40 siswa kelas DC.6 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis argumentasi. Teknik analisis data dengan teknik statistik uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai rata-rata tes awal menulis argumentasi kelompok control 58,95 dan kelompok eksperimen 55,90. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 6,50 pada kelas kelompok 8 orang (21,05%), dan kelas eksperimen 6 orang (15%). Ini membuktikan bahwa hasil tes awal siswa relatif sama. Nilai rata-rata tes akhir menulis argumentasi kelompok kontrol 72,29 dan kelompok eksperimen 78,93. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada kelompok eksperimen 40 orang (100%) dan pada kelompok kontrol 32 orang (84,21%). Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan menulis argumentasi pada siswa kelas EX SMP Negeri 19 Palembang pada kelompok eksperimen sebesar 23,03 poin.Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa thit > ttab atau 5,043 > 1,992 dengan df =76 pada tingkat signifikansi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan menulis argumentasi antara siswa yang diajar menggunakan model pemetaan pikiran dan siswa yang diajar menggunakan model konvensional” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pemetaan pikiran dalam pembelajaran menulis argumentasi efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model pemetaan pikiran, model konvensional, menulis argumentasi, SPSS, uji t.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z40-104.5 Writing
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:57
Last Modified: 26 Jan 2022 01:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/62592

Actions (login required)

View Item View Item