TINDAK TUTUR DALAM WACANA IKLAN BALIHO DI KOTA PALEMBANG PERIODE MEI 2009

ANGGRAINI, DIAH and Purnomo, Mulyadi Eko and Ernalida, Ernalida (2010) TINDAK TUTUR DALAM WACANA IKLAN BALIHO DI KOTA PALEMBANG PERIODE MEI 2009. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06043112023.pdf] Text
RAMA_88201_06043112023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (152MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_01_font_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_01_font_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_02.pdf] Text
RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_03.pdf] Text
RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_04.pdf] Text
RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (107MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_05.pdf] Text
RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06043112023_0007015902_0015026902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah modus tuturan apakah yang digunakan dalam iklan baliho di kota Palembang?, bagaimana jenis tindak tutur berdasarkan tuturan langsung dan tidak langsung dan berdasarkan maksud tindak tutur yang terdapat dalam iklan baliho tersebut? dan bagaimanakah inferensi dalam tindak tutur iklan baliho?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan modus tuturan, jenis tindak tutur berdasarkan tindak tutur langsung dan tidak langsung, maksud tindak tutur, dan inferensi dalam tindak tutur iklan baliho. Manfaat yang diperoleh dari penelitian ini dilihat secara teoritis dan praktis. Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat menambah bahan pengetahuan kajian linguistik yang mendalam mengenai tindak tutur dalam bahasa tulisan dan secara praktis, hasil penelitian ini dapat memberikan masukan bagi periklanan agar variasi bahasa yang digunakan dalam membuat iklan lebih menarik, persuasif dan bagi pengajaran di sekolah-sekolah maupun di perguruan tinggi, hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu masukan dalam pembelajaran bahasa untuk membuat tuturan dan maksud yang bersifat mengajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis teknik baca markah, parafrasa (ubah wujud) dan teknik perluasan (ekspansi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan baliho modus tuturan berita lebih banyak digunakan karena iklan lebih cendrung bersifat pemberitahuan terhadap produk yang ditawarkan, jenis tindak tutur tindak langsung tidak ditemukan dalam iklan baliho periode Mei 2009, maksud tuturan asertif juga lebih banyak digunakan dalam iklan dan inferensi diambil berdasarkan teks, gambar, unsur warna dan unsur konteks yang lain sehingga pembaca mudah menginferensikan makna dari setiap iklan tersebut, walaupun bahasa iklan singkat dan tidak membentuk struktur kalimat yang lengkap hanya beberapa kata saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tindak tutur, wacana iklan baliho, dan periode Mei 2009
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302-302.87 Discourse analysis
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:03
Last Modified: 26 Jan 2022 02:03
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/62691

Actions (login required)

View Item View Item