DESAIN PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN MODEL JARING LABA-LABA DI SMP

Marion Marion, Zulkardi Zulkardi, Somakim Somakim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan lintasan belajar yang dapat membantu peserta didikmemahami Pola Bilangan dengan konteks kerajinan anyaman sekaligus memberi kesempatan siswauntuk membangun pengetahuannya sendiri menggunakan model pembelajaran Jaring Laba-laba diSMP. Metode penelitian yang digunakan adalah Design Research tipe Validation Study dengan subyekpenelitian siswa kelas IX SMP Negeri 3 Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Hasilpenelitian diperoleh lintasan belajar yang dapat membantu siswa dalam memahami pola bilangan.Pembelajaran diawali dengan pengenalan anyaman sebagai starting point, secara mandiri dan atauberinteraksi dengan sumber belajar lain seperti buku, teman sebaya, diskusi kelas dan penguatanguru, siswa menemukan pola bilangan dari keteraturan motif anyaman, melanjutkan pola secarateratur, menemukan dan melanjutkan suku berikutnya barisan bilangan, menentukan suku tertentudan suku ke-n barisan bilangan sederhana serta jumlah sampai pola tertentu. Selain itu siswa jugadapat mendesain motif anyaman terkait pola bilangan yang diketahu

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY

Kampus Karangmalang Yogyakarta 55281

Telp. 0274 550839 Fax 0274 550839 email: lppm@uny.ac.id; lppm.uny@gmail.com

 

Copyright @ LPPM UNY 2012