PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BILANGAN BERDASARKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Diba, Farah and Zulkardi, Zulkardi and Saleh, Trimurti (2009) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN BILANGAN BERDASARKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1). pp. 33-46.

[thumbnail of 4_GANJIL_FARAH_DIBA.pdf]
Preview
Text
4_GANJIL_FARAH_DIBA.pdf

Download (494kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi pembelajaran matematika pada materi bilangan yang berdasarkan PMR dalam bentuk buku siswa yang valid, praktis, dan mempunyai potensial efek untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan yang terdiri dari analisis, desain, evaluasi dan revisi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis dokumen, wawancara dan tes. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 5C SD Negeri 117 Palembang yang berjumlah 41 orang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan senang dalam belajar, siswa juga memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika yang dilihat dari komentar mereka, serta tes kemampuan mereka yang menunjukkan hasil baik dengan rata-rata 79,79 dimana 34 orang siswa (82,93%) memperoleh nilai >= 66. Oleh karena itu, prototipe ketiga buku siswa yang peneliti disain menghasilkan materi pembelajaran bilangan yang valid, praktis, dan mempunyai potensial efek untuk siswa kelas V SD Negeri 117 Palembang dan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bilangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bilangan, Pendidikan Matematika Realistik
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics > QA37.3.1.64 Applied Mathematics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Prof. Dr. Zulkardi MIKomp.,MSc.
Date Deposited: 09 Sep 2019 09:21
Last Modified: 09 Sep 2019 09:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6336

Actions (login required)

View Item View Item