Korelasi Kadar Vitamin D Serum Dengan Derajat Keparahan penyakit Jantung Koroner Pada Penderita Yang Menjalani Korangiografi Di RSMH Palembang (Pembimbing)

Indrajaya, Taufik (2019) Korelasi Kadar Vitamin D Serum Dengan Derajat Keparahan penyakit Jantung Koroner Pada Penderita Yang Menjalani Korangiografi Di RSMH Palembang (Pembimbing). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Pembimbing dr Kurniawan Ade saputra.pdf]
Preview
Text
Pembimbing dr Kurniawan Ade saputra.pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan suatu keadaan disfungsi jantung dan pembuluh darah dimana suplai darah ke miokardium terganggu akibat tersumbatnya arteri koroner jantung. Ini terjadi akibat ketidakseimbangan antara ketersediaan dan penggunaan oksigen pada miokardium. Peningkatan risiko PJK disebabkan defisiensi vitamin D dapat terjadi secara langsung maupun secara tidak langsung. Secara langsung, vitamin D dan metabolitnya beraksi pada vascular smooth muscle cell (VSMC) sehingga mempengaruhi kontraktilitas, pertumbuhan, migrasi dan kalsifikasi vaskuler. Peningkatan risiko dan mortalitas PJK oleh defisiensi vitamin D secara tidak langsung dikaitkan dengan terjadinyapeningkatan tekanan darah, peningkatan trigliserida plasma, peningkatan very low density lipoprotein (VLDL), obesitas, resistensi insulin, disfungsi sel beta dan sindroma metabolik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara defisiensi vitamin D serum dengan derajat keparahan PJK yang menjalani korangiografi di RSMH Palembang

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 04-Faculty of Medicine > 11702-Internal Medicine (Sp
Depositing User: Dr.dr. Taufik Indrajaya
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:30
Last Modified: 31 Jan 2022 04:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/63384

Actions (login required)

View Item View Item