PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PEMBACA MELALUI PENDEKATAN PROSES PADA SISWA KELAS IX2 SMP NEGERI 43 PALEMBANG

ILYAS, YUNIDAR and Alwi, Zahra and Ansori, Ansori (2009) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PEMBACA MELALUI PENDEKATAN PROSES PADA SISWA KELAS IX2 SMP NEGERI 43 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_56071002043.pdf] Text
RAMA_88201_56071002043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (104MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_02.pdf] Text
RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_03.pdf] Text
RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_04.pdf] Text
RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (35MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_05.pdf] Text
RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (856kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_56071002043_0006125201_0019096607_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (33MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 1X2 SMP Negeri 43 Palembang pada pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya dalam kemampuan siswa menulis opini surat pembaca melalui pendekatan proses. Langkah-langkah dalam pendekatan proses adalah pramenulis, menyusun dra£ merevisi, menyunting, dan mempublikasi. Pendekatan proses memberikan motivasi dan bimbingan dalam proses menulis untuk menghasilkan tulisan. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi (kajian atau analisis). Penelitian dimulai pada tanggal 14 Maret 2009 s.d 16 April 2009. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 43 Palembang pada siswa kelas 1X2. Jumlah pertemuan pada siklus 1 sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus 2 juga 2 kali pertemuan. Pada tes awal, siswa yang telah memperoleh nilai > 65, sebanyak 5 siswa dari 39 siswa (12,82 %), dan ketuntasan secara klasikal baru mencapai nilai 51,38 , dan nilai tes akhir tindakan siklus 1 siswa yang memperoleh nilai > 65, sebanyak 24 siswa dari 39 siswa (61,54%), dan ketuntasan secara klasikal sudah mencapai nilai 68,66 berarti sudah mencapai kriteria nilai ketuntasan minimal yang sebesar > 65, namun masih ada 3 unsur/aspek yang secara klasikal masih dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu unsur/aspek kebersihan dan keindahan tulisan, pilihan kata, struktur kata, kalimat dan paragraf. Nilai tes akhir tindakan siklus 2, siswa yang memperoleh nilai > 65, sebanyak 38 siswa dari 39 siswa (97,44%), dan nilai ketuntasan secara klasikal telah mencapai 86,80. Selain peningkatan secara kuantitatif, dalam penelitian tindakan ini juga ditemukan peningkatan secara kualitatif yaitu peningkatan aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran menulis opini surat pembaca melalui pendekatan proses secara kualitatif dan kuantitatif hasilnya cukup efektif bagi siswa dan dapat meningkatkan keterampilan menulisnya. Siswa dapat mengemukakan permasalahan dan berani mengungkapkan pendapat yang berupa saran dan usulan guna perbaikan permasalahan tersebut. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan siswa dalam menulis karangan, khususnya menulis opini surat pembaca, dapat menggunakan pendekatan proses dalam kegiatan belajar mengajar (KBM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis, opini, surat pembaca, pendekatan proses.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z40-104.5 Writing
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 31 Jan 2022 08:12
Last Modified: 31 Jan 2022 08:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/63561

Actions (login required)

View Item View Item