PENGARUH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ASPEK AFEKTIF SISWA (Similarity)

Chotimah, Umi (2021) PENGARUH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ASPEK AFEKTIF SISWA (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of Turnitin_Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Aspek Afektif Siswa.pdf]
Preview
Text
Turnitin_Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Aspek Afektif Siswa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pendidikan karakter terhadap aspek afektif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen tipe time series design yang menggunakan satu kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan angket. Berdasarkan hasil rerata observasi aspek afektif siswa yang diperoleh dari data sebelum dan sesudah diterapkannya pendidikan karakter sebesar 75.55% dan meningkat menjadi 85.05%, sedangkan hasil rerata angket pada pertemuan awal sebelum diterapkannya pendidikan karakter untuk angket pendidikan karakter dan aspek afektif sebesar 71.26% dan 77.84% dan hasil rerata angket pada pertemuan akhir sesudah diterapkan adalah meningkat menjadi 79.35% dan 86.78%, selanjutnya, berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Samples T-Test maka diperoleh nilai hitung sebesar 33.377 > 6,756 pada taraf signifikan 5% atau α =.05 dengan demikian tolak Ho dan terima Ha, artinya “terdapat pengaruh yang signifikan dari implementasi pendidikan karakter sesudah diterapkannya pendidikan karakter terhadap aspek afektif siswa”.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 07 Feb 2022 00:46
Last Modified: 07 Feb 2022 00:46
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/64585

Actions (login required)

View Item View Item