PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PPKn FKIP UNSRI PADA MATAKULIAH PSIKOLOGI SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK (Peer Review)

Chotimah, Umi (2021) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PPKn FKIP UNSRI PADA MATAKULIAH PSIKOLOGI SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK (Peer Review). Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University Palembang, South Sumatera, Indonesia, 2014. (Unpublished)

[thumbnail of Reviewer_Peningkatan Keaktifan Belajar Mahasiswa PPKN FKIP UNSRI Pada Mata Kuliah Psikologi Sosial.pdf]
Preview
Text
Reviewer_Peningkatan Keaktifan Belajar Mahasiswa PPKN FKIP UNSRI Pada Mata Kuliah Psikologi Sosial.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswaprogram studi PPKn FKIP Unsri dalam proses pembelajaran Psikologi Sosial melaluipenerapan metode pembelajaran Gallery Walk. Metode penelitian yang digunakanadalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus,masing-masing siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini seluruhpeserta matakuliah PS semester III tahun 2013/2014 yang berjumlah 48 orang. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Gallery Walk dapatmeningkatkan keaktifan belajar mahasiswa program studi PPKn FKIP UNSRI dalamperkuliahan PS. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan keaktifan belajar mahasiswasebelum PTK sebesar 48%, pada akhir siklus pertama meningkat menjadi 70,9%, danpada akhir siklus kedua meningkat menjadi 91,7% dari total mahasiswa. Selain itu jugameningkatkan hasil belajar mahasiswa yaitu 64,44 % mendapat nilai A, 31 % nilai B,dan 5 % nilai C

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:11
Last Modified: 07 Feb 2022 03:11
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/64592

Actions (login required)

View Item View Item