PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA HINDU-BUDHA DI SMP NEGERI KECAMATAN SEMBAWA (Pembimbing)

Wati, Yusrina and Chotimah, Umi (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA HINDU-BUDHA DI SMP NEGERI KECAMATAN SEMBAWA (Pembimbing). Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University Palembang, South Sumatera, Indonesia, 2014. (Unpublished)

[thumbnail of WATI YUSRINA 2019 PEMBIMBING.pdf]
Preview
Text
WATI YUSRINA 2019 PEMBIMBING.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD dengan pendekatan Saintifik Materi Kehidupan Masyarakat pada masa Hindu-Buddha yang valid, praktis dan efektif terhadap pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri di Kecamatan Sembawa dengan subjek penclitian yaitu siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Rowruree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, tahap penulisan dan penyuntingan. Pada tahap penyuntingan menggunakan evaluasi Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan tes. Penelitian ini dinyatakan valid karena didapatkan melalui proses validasi dari para ahli yaitu ahli materi, desain dan desain pembelajaran. Berdasarkan saran dan penilaian ahli, produk ini dinyatakan valid dan layak untuk diujicoba. Hasil kepraktisan yang didapat melalui uji satu satu dan uji kelompok kecil dengan nilai rerata 4,65 dengan kategori sangat praktis. Pada tahap uji lapangan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 45,6 dengan rata-rata hasil pretest sebesar 38,7 sedangkan hasil posttest sebesar 84.3 dengan perolehan N-gain sebesar 0,74 yang termasuk kategori tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan memiliki nilai valid, praktis, dan efektif terhadap pembelajaran dan disarankan pada peneliti lain untuk dapat mengembangkan LKPD dan penelitian ini pada sektor terkait lainnya. Kata Kunci: Penclitian Pengembangan, LKPD dengan pendekatan Sainufik, keludupan masyarakat pada masa Hindu-Buddha.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86103-Educational Technology (S2)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 15 Feb 2022 12:54
Last Modified: 15 Feb 2022 12:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/64733

Actions (login required)

View Item View Item