PUTRI, DWI SYAH and Nurbaya, Nurbaya and Alwi, Zahra (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06121402002_0015085406_0006125201_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (956kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06121402002_0015085406_0006125201_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (160kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121402002_0015085406_0006125201_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121402002_0015085406_0006125201_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (380kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121402002_0015085406_0006125201_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (176kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121402002_0015085406_0006125201_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (102kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06121402002_0015085406_0006125201_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palembang. Masalah dalam penelitian ini adalah, apakah ada pengaruh model pembelajaran CORE terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palembang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 79 orang dengan rincian 40 orang siswa kelas VIII.6 (kelompok eksperimen) mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran CORE dan 39 orang siswa kelas VIII.7 (kelompok kontrol) mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang sering digunakan guru. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS 21. Taraf signifikan 95% (ɑ=0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata tes awal menulis berita kelas eksperimen sebesar 59,62 meningkat menjadi 79,70 pada tes akhir. Sedangkan nilai rata-rata tes awal menulis berita kelas kontrol sebesar 61,00 meningkat menjadi 73,87 pada tes akhir. Hal ini menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palembang. Dengan demikian Ha yang berbunyi ―Ada perbedaan kemampuan menulis teks berita antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran CORE dengan siswa yang diajarkan menggunakan model konvensional‖. (μ1=μ2) diterima jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model CORE, Menulis Teks Berita |
Subjects: | L Education > LT Textbooks > LT6-501 Textbooks. Class here textbooks covering several subjects. For textbooks on particular subjects, see the subject in B-Z |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 07:28 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 07:28 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6508 |
Actions (login required)
View Item |