KEEFEKTIFAN STRATEGI MEMBACA, PEMAHAMAN KWL ( - FM TO KNOW - LEARNED ) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BELITANG MULYA KABUPATEN OKU TIMUR

SETIADI, IRWAN and Subadiyono, Subadiyono and Ansori, Ansori (2011) KEEFEKTIFAN STRATEGI MEMBACA, PEMAHAMAN KWL ( - FM TO KNOW - LEARNED ) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BELITANG MULYA KABUPATEN OKU TIMUR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06061002011.pdf] Text
RAMA_88201_06061002011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (66MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_02.pdf] Text
RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_03.pdf] Text
RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_04.pdf] Text
RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_05.pdf] Text
RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (907kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06061002011_0025075602_0019096607_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan apakah strategi membaca pemahaman KWL ( Know - Want to Know - Learned ) lebih efektif dibandingkan dengan strategi pembelajaran Three Phases Reading dalam memahami teks eksposisi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Belitang Mulya Kabupaten OKU Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 63 orang siswa dengan rincian 31 orang siswa kelas VIIIA (kelas eksperimen) mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi membaca pemahaman KWL (Know - Want t o Know — Learned) dan 32 orang siswa kelas VIIIB (kelas kontrol) mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi pembelajaran Three Phases Reading. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan program komputer SPSS 19 (Statistical Product and Service Solution 19). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa kelas eksperimen dari nilai rata-rata pretes sebesar 67 berubah menjadi 81,8065 (nilai rata-rata postes). Nilai rata-rata siswa kelas kontrol juga meningkat namun tidak mengalami lonjakan seperti kelas eksperimen. Rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 62,1250 dan rata-rata postes sebesar 74,1250. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi membaca pemahaman KWL ( Know — Want to Know - Learned ) lebih efektif dibandingkan dengan strategi pembelajaran Three Phases Reading dalam pembelajaran memahami teks eksposisi siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Belitang Mulya Kabupaten OKU Timur. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 14,80645 poin, sedangkan pada kelas kontrol hanya 12,00000 poin. Kata kunci: strategi membaca pemahaman KWL, strategi Three Phases Reading, SPSS 19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi membaca pemahaman KWL, strategi Three Phases Reading, SPSS 19.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:00
Last Modified: 24 Feb 2022 02:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/65475

Actions (login required)

View Item View Item