Analisis Peningkatan Kapasitas Dukung Pondasi Folded Plate pada Tanah Lempung (Peer Review)

Idris, Yakni and Iqbal, Maulid Muhammad and Yulindasari, Yulindasari and Dewi, Ratna (2022) Analisis Peningkatan Kapasitas Dukung Pondasi Folded Plate pada Tanah Lempung (Peer Review). Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of (19) Peer Review Laporan Penelitian.pdf]
Preview
Text
(19) Peer Review Laporan Penelitian.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

Penentuan jenis pondasi yang digunakan pada konstruksi disesuaikan dengan jenis dan beban bangunan dan tanah disekitar konstruksi itu. Pada pondasi dangkal, semakin besar beban yang akan didistribusikan, maka ukurannya pun akan dibuat lebih besar sehingga penggunaan pondasi dangkal dinilai kurang praktis dan efisien. Oleh karena itu, penggunaan struktur folded plate yang lebih dulu banyak digunakan sebagai struktur atap juga menarik perhatian untuk diteliti sebagai alternatif pondasi dangkal. Oleh sebab itu akan dilakukan penelitian mengenai bentuk pondasi folded plate tipe persegi yang memvariasikan dimensi pelat tertanam atau kaki pondasi untuk melihat pengaruhnya terhadap daya dukung dan penurunan pada tanah lempung. Program penelitian ini meliputi tahapan-tahapan yaitu tahap identifikasi awal: studi literatur, survey lapangan dan persiapan bahan, tahap kedua; studi laboratorium, analisis, dan pemodelan di laboratorium, sedangkan studi eksperimental skala penuh di lapangan akan dilakukan pada penelitian selanjutnya. Tahapan dari identifikasi awal meliputi uji sifat fisik tanah lempung dan persiapan alat bahan pengujian. Selanjutnya dilakukan tahap studi di laboratorium yaitu tahap pengujian pemodelan pondasi folded plate dan analisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar sudut sayap folded plate maka beban ultimit semakin besar, daya dukung semakin besar dan penurunan juga semakin kecil. Akan tetapi untuk variasi Panjang sayap didapatkan variasi optimum yaitu pada panjang sayap 1B (panjang sayap sama dengan lebar pondasi), begitu pula nilai penurunannya semakin rendah dan akan konstan saat panjang sayap lebih dari 1B.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) > T51 Tables Cf. TA151 Engineering (General) Cf. TA635 Structural engineering (General) Cf. TH151 Building (General) Cf. TH434+ Estimates, quantities and cost (Building)
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Ir. Yakni Idris, MSc
Date Deposited: 25 Feb 2022 06:26
Last Modified: 25 Feb 2022 06:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/65531

Actions (login required)

View Item View Item