KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 PALEMBANG

SEPTIANTI, IRMA DWIANA and Aiwi, Zahra and Mulyani, Sri Rarasati (2011) KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KEMAMPUAN BERCERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06071002003.pdf] Text
RAMA_88201_06071002003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (74MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002003_0001105603_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06071002003_0001105603_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06071002003_0001105603_02.pdf] Text
RAMA_88201_06071002003_0001105603_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002003_0001105603_03.pdf] Text
RAMA_88201_06071002003_0001105603_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002003_0001105603_04.pdf] Text
RAMA_88201_06071002003_0001105603_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002003_0001105603_05.pdf] Text
RAMA_88201_06071002003_0001105603_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002003_0001105603_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06071002003_0001105603_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06071002003_0001105603_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06071002003_0001105603_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (34MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah korelasi kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 18 Palembang. Secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan dalam bidang pembelajaran berbahasa khususnya dalam kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan bercerita. Secara praktis, penelitian diharapkan dapat Memberikan pemikiran dalam penyusunan meningkatkan keterampilan berbahasa pada bidang pembelajaran membaca pemahaman dengan kemampuan bercerita, dan memberikan masukan untuk keberhasilan pembelajaran membaca pemahaman dan berbicara melalui kegiatan bercerita. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian studi korelasi yang ditujukan untuk melihat dan mengkaji korelasi kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 18 Palembang. Dalam penelitian ini sampel diambil secara acak agar data yang di dapat benar adanya, teknik sampel acak adalah pengambilan sampling secara random atau semua subjek dianggap sama, dengan mengambil 10% dari populasi siswa setiap kelas VII, sehingga didapatlah 28 siswa sebagai sampel. Untuk mengumpulkan data digunakan tes kemampuan membaca pemahaman dan tes kemampuan bercerita, yang sebelumnya soal tes kemampuan membaca pemahaman diuji cobakan terlebih dahulu pada siswa diluar sampel guna mengetahu validitas, tingkat kesukaran dan realibilitas soal kemampuan membaca pemahaman sehingga didapatlah 37 soal yang layak untuk mengumpulkan data. Untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antarvariabel yang diteliti, data tes dianalisis dengan menggunakan statistik korelasi product moment. Dari hasil tes diperoleh rh = 0,645, sedangkan pada N = 28 dan tarafsignifikansi 5% diperoleh n pada tabel — 0,374. Nilai r hasil tes juga dibandingkan dengan tabel interprestasi rh — 0,645 adalah cukup. Hasil analisis tes memperlihatkan adanya korelasi yang cukup baik antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan bercerita pada siswa kelas VII SMP Negeri 18 Palembang. Kata-kata kunci: membaca pemahaman dan bercerita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman dan bercerita
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 02 Mar 2022 01:20
Last Modified: 02 Mar 2022 01:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/65571

Actions (login required)

View Item View Item