AGUSTIEN, TRISIA KORISUMIA and Suhendi, Didi and Indrawati, Sri (2011) PERBANDINGAN ANTARA KEEFEKTIFAN MODEL AKROSTIK DAN BERIUR KATA DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MUARA ENIM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_56071002001.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (72MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_56071002001_0001105703_0012075914_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_56071002001_0001105703_0012075914_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002001_0001105703_0012075914_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002001_0001105703_0012075914_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002001_0001105703_0012075914_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002001_0001105703_0012075914_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (34MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Akrostik atau model Beriur Kata yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Muara Enim. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbandingan keefektifan model Akrostik dan model Beriur Kata yang digunakan dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Muara Enim. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa dan lembaga pendidikan khususnya SMP Negeri 3 Muara Enim. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 76 orang siswa dengan rincian 38 orang siswa kelas VHIa (kelompok eksperimen) mendapat pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model akrostik dan 38 orang siswa kelas VUIb (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model beriur kata. Teknik yang digunakan untuk menggumpulkan data adalah teknik tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan program komputer SPSS 18 (Statistical Product and Service Solution) uji t. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan rata-rata skor siswa kelas eksperimen dari skor rata-rata tes awal yang sebesar 54,60 berubah menjadi 74,72 (skor rata-rata tes akhir). Skor rata-rata siswa kelas kontrol juga meningkat namun tidak mengalami lonjakan seperti kelas eksperimen. Rata-rata tes awal kelas kontrol adalah 52,35, sedangkan rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas kontrol adalah 64,46. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model akrostik lebih efektif dibandingkan model beriur kata bila diterapkan dalam keterampilan menulis puisi di SMP Negeri 3 Muara Enim. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 20,11 poin, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 12,10 poin. Kata kunci: model akrostik model beriur kata, SPSS 18.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model akrostik model beriur kata, SPSS 18. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 07:15 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 07:15 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/65887 |
Actions (login required)
View Item |