ATALIA, ULI and Indrawati, Sri and Nurbaya, Nurbaya (2018) PENGARUH METODE PAIRED STORY TELLING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021281419028_0012075914_0015085406_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021281419028_0012075914_0015085406_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (232kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419028_0012075914_0015085406_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (255kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419028_0012075914_0015085406_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (381kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419028_0012075914_0015085406_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (202kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419028_0012075914_0015085406_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (104kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281419028_0012075914_0015085406_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Paired Story Telling terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payaraman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VII.1 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII.2 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakuan menggunakan metode Paired Story Telling sedangkan kelas kontrol adalah kelas dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program komputer SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 63,40 dan kelas kontrol 58,10. sementara hasil tes akhir kelas eksperimen 78,70 dan kelas kontrol 68,85. Dari hasil perhitungan uji-t membuktikan bahwa thitung>ttabel= 4,278 > 2,024, dengan df=38 pada tingkat signifikansi 95%. Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode Paired Story Telling dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional” diterima. Dengan diterimanya Ha, disimpulkan bahwa metode Paired Story Telling lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Payaraman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, metode Paired Story Telling, menulis deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 04:26 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 04:26 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6670 |
Actions (login required)
View Item |