Intensitas Moral Dan Pengambilan Keputusan Etis: Studi Eksperimen pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Sriwijaya

Meirawati, Eka and Yusnaini, Yusnaini and Kencana, Dewi (2020) Intensitas Moral Dan Pengambilan Keputusan Etis: Studi Eksperimen pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Sriwijaya. Project Report. LPPM Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 26_Laporan Sateks 2020.pdf]
Preview
Text
26_Laporan Sateks 2020.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha mengeksplorasi hubungan antara persepsi intensitas moral dan proses pengambilan keputusan etis mahasiswa akuntansi dengan memperluas model Jones (1991). Penelitian ini juga menguji perbedaan persepsi intensitas moral dan proses pengambilan keputusan etis di antara berbagai jenis skenario bisnis. Selain itu, penelitian ini berusaha menguji pengaruh gender dan jurusan akademik terhadap persepsi intensitas moral dan proses pengambilan keputusan. Secara teoritis terdapat empat tahapan dalam pengambilan keputusan etis yaitu identifikasi sebuah dilema etis, penilaian etis, niat etis, dan tindakan etis. Penelitian ini menguji hubungan antara persepsi intensitas moral dan tiga tahap pertama dari proses pengambilan keputusan etis untuk mahasiswa akuntansi. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa persepsi intensitas moral mempengaruhi proses pengambilan keputusan etis. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang menggunakan empat skenario bisnis. Penelitian ini menguji tiga tahap dalam proses pengambilan keputusan etis dan memberikan dukungan tambahan untuk peran intensitas moral dalam pengambilan keputusan etis. Hasil pengujian empiris setidaknya mendukung sebagian dari semua hipotesis yang dikembangkan dalam makalah ini. Identifikasi etis secara signifikan terkait dengan penilaian etis dan niat etis dalam dua dari empat skenario dan penilaian etis secara signifikan terkait dengan niat etis dalam tiga dari empat skenario. Dua dimensi moral intensitas secara berbeda terkait dengan tahapan pengambilan keputusan etis proses dengan konsensus sosial muncul sebagai komponen terpenting dari intensitas moral. Terakhir, sifat situasi yang berdampak pada semua variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Pengambilan keputusan etis; intensitas moral, issu moral, pendidikan etika.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615-715 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. Property
Divisions: 01-Faculty of Economics > 62201-Accounting (S1)
Depositing User: Dr. Yusnaini Yusnaini
Date Deposited: 29 Mar 2022 07:20
Last Modified: 29 Mar 2022 07:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/66857

Actions (login required)

View Item View Item