PENGEMBANGAN SOAL TIPE PISA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN IMPLEMENTASINYA PADA KONTES LITERASI MATEMATIKA (KLM) 2011

Puri, Ratu Ilma Indra (2013) PENGEMBANGAN SOAL TIPE PISA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN IMPLEMENTASINYA PADA KONTES LITERASI MATEMATIKA (KLM) 2011. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN TERAPAN, 2. pp. 340-348. ISSN 978-602-17004-5-7

[thumbnail of Makalah yang dipresentasikan di SIMANTAP Banda Aceh 2013]
Preview
Text (Makalah yang dipresentasikan di SIMANTAP Banda Aceh 2013)
ARTICLE_SIMANTAP_2013.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (475kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk menghasilkan soal-soal Tipe PISA yang valid dan praktis di SMP; (2) untuk melihat efek potensial soal-soal Tipe PISA terhadap kemampuan komunikasi siswa SMP pada KLM 2011. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Palembang dan diimplementasikan pada siswa SMP pada KLM 2011 sebanyak 116 orang. Pengumpulan data menggunakan walkthrough, analisis dokumen, dan tes soal tipe PISA. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan suatu produk soal Tipe PISA yang mengukur kemampuan komunikasi siswa SMP yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator ahli (expert) dan one to one, selain itu dilakukan validasi secara kuantitatif soal tipe PISA ini tergambar setelah dilakukan analisis validasi butir soal pada 36 siswa. Praktis tergambar dari hasil uji coba small group dimana siswa dapat memahami dan menyelsaikan soal tipe PISA yang diberikan. (2) prototype soal tipe PISA yang dihasilkan yang terdiri dari 20 soal untuk babak penyisihan, 8 soal untuk babak semi final, dan 3 soal untuk babak final yang dikembangkan memilki efek potensial terhadap kemampuan komunikasi siswa, hal ini terlihat dengan munculnya beragam solusi jawaban siswa pada saat babak penyisihan yang lulus sebanyak 30 orang siswa, dan semi final yang lulus sebanyak 3 orang siswa, serta kemampuan siswa menjawab secara tertulis dan berargumentasi pada saat babak final. Kata kunci: Development Research, Soal Tipe PISA, Komunikasi, Valid, Praktis, Efek Potensial

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Depositing User: Dr Ratu Ilma
Date Deposited: 09 Sep 2019 09:52
Last Modified: 13 Dec 2019 03:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item View Item