Penguji: PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRUTH OR DARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN

HASIBAH, NISWATUN and Susanti, L.R Retno and Asmi, Adhitya Rol (2021) Penguji: PENGARUH MEDIA PERMAINAN TRUTH OR DARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of SK UAP Indralaya Mei 2021 SK NO.1353-UN9.FKIP-TU.SK-2021.pdf]
Preview
Text
SK UAP Indralaya Mei 2021 SK NO.1353-UN9.FKIP-TU.SK-2021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Permainan Truth or Dare Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian untuk melihat apakah ada pengaruh media permainan truth or dare terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media permainan truth or dare terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 10 Februari sampai dengan 25 Februari 2021. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah eksperimen semu yang dalam penerapannya hanya menggunakan satu sampel kelas sebagai kelas ekperimen. Sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 1 yang terpilih berdasarkan penggunaan teknik simple random sampling sebagai penentuan sampel penelitian. Adapun Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dengan desain pretest dan posttest. Pada penelitian ini Teknik uji prasyarat analisis data yang digunakan ialah uji normalitas data, uji homogenitas data, uji linieritas data, dan uji regresi sederhana dengan taraf signifikan Fhitung > Ftabel dengan taraf α = 0,05. Adapun hasil perhitungan data diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau Fhitung = 2,18 > Ftabel = 4,30. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media permainan truth or dare berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan.

Item Type: Other
Additional Information: SK Menguji
Uncontrolled Keywords: Penelitian Eksperimen, Media Pembelajaran, Truth or Dare, Hasil Belajar, Pembelajaran sejarah
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LA History of education > LA5-2396 History of education
#4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Dr. Syarifuddin, M.Pd.
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:58
Last Modified: 06 Apr 2022 03:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/67873

Actions (login required)

View Item View Item