ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS V A SDN 25 INDRALAYA DALAM MENENTUKAN IDE POKOK PADA TEKS NONFIKSI TEMA EKOSISTEM SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM

HANDAYANI, MIFTAHUL NUR and Pulungan, Marwan (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS V A SDN 25 INDRALAYA DALAM MENENTUKAN IDE POKOK PADA TEKS NONFIKSI TEMA EKOSISTEM SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06131181823020.pdf] Text
RAMA_86206_06131181823020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131181823020_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86206_06131181823020_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131181823020_0018115903_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_86206_06131181823020_0018115903_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86206_06131181823020_0018115903_02.pdf] Text
RAMA_86206_06131181823020_0018115903_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131181823020_0018115903_03.pdf] Text
RAMA_86206_06131181823020_0018115903_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (201kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131181823020_0018115903_04.pdf] Text
RAMA_86206_06131181823020_0018115903_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131181823020_0018115903_05.pdf] Text
RAMA_86206_06131181823020_0018115903_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131181823020_0018115903_06_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06131181823020_0018115903_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06131181823020_0018115903_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86206_06131181823020_0018115903_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas V A SDN 25 Indralaya dalam menentukan ide pokok yang terletak di awal, akhir, awal dan akhir pada teks nonfiksi Tema Ekosistem Subtema Komponen Ekosistem. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik kelas V A dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata peserta didik berada pada kategori cukup mampu dengan rata-rata nilai yang diperoleh 57,375, dengan rincian terdapat 2 orang dengan persentase (10%) berada pada kategori sangat mampu. 4 orang dengan persentase (20%) dalam kategori mampu. 4 orang dengan persentase (20%) berada pada kategori cukup mampu. 6 orang dengan persentase (30%) berada pada kategori kurang mampu. Sedangkan 4 orang dengan persentase (20%) berada pada kategori gagal. Ide pokok yang dapat ditentukan oleh peserta didik dengan tepat yaitu ide pokok di awal paragraf (65%), ide pokok di awal dan akhir paragraf (49%) dan ide pokok di akhir paragraf (37%). Kesulitan peserta didik dalam menentukan ide pokok pada teks nonfiksi disebabkan karena kebanyakan teks-teks bacaan yang mengandung ide pokok di kelas V hanya mengarah kepada ide pokok di awal paragraf sehingga peserta didik kesulitan ketika dihadapkan dengan soal ide pokok di akhir serta awal dan akhir paragraf, peserta didik juga belum terlalu menguasai materi ide pokok dikarenakan dampak dari pembelajaran daring di Tema 1, dan peserta didik masih sering keliru dalam membedakan kalimat topik dan kalimat penjelas. Kata kunci: Analisis, Kemampuan menentukan Ide Pokok, Nonfiksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan menentukan Ide Pokok, Nonfiksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Miftahul Nur Handayani
Date Deposited: 01 Apr 2022 05:02
Last Modified: 01 Apr 2022 05:03
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/67914

Actions (login required)

View Item View Item