Anggraini, Lela and Siroj, Rusdy A. and Ilma, Ratu (2010) Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii-4 SMP Negeri 27 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1). pp. 33-44. ISSN 1978-0044
Text (Artikel ini telah terbit di JPM 2010)
309 - Published Version Download (13kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Palembang melalui penerapan model pembelajaran investigasi kelompok. Penelitian ini melibatkan kelas VIII-4 dengan jumlah siswa 38 orang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dalam dua siklus, siklus pertama berkaitan dengan materi kubus dan balok, hasil tes siklus pertama, rata-rata kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika 66 sudah di atas nilai KKM 60, tapi hanya 18 siswa yang mendapat nilai 60 artinya ketuntasan belajar secara klasikal baru mencapai 60%. Siklus kedua berkaitan dengan materi prisma dan limas, rata-rata kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika 76 sudah di atas nilai KKM 60 dan siswa yang mendapat nilai 60 sudah mencapai 89%, artinya sudah tuntas secara klasikal.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Palembang dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran investigasi kelompok. Kata kunci : Investigasi kelompok, kemampuan pemecahan masalah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Depositing User: | Dr Ratu Ilma |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 10:52 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 03:29 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6813 |
Actions (login required)
View Item |