Sulastri, Elis and Hartono, Yusuf and Puri, Ratu Ilma Indra (2010) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokokbahasan Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas Xi Tkj 1 SMKN 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1). ISSN 1978-0044
Text (Artikel ini telah terbit di JPM 2010)
307 - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga melalui model pembelajaran Learning Cycle di kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 (TKJ 1) SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan tes hasil belajar pada setiap siklusnya dengan melibatkan kelas XI TKJ 1 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus, siklus I berkaitan dengan materi mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya, dan siklus II menghitung luas permukaan bangun ruang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 57,18 dan ketuntasan klasikal sebesar 60 %. Siklus II hasil belajar rata-rata 68,85 dengan ketuntasan klasikal 77,50 %, artinya hasil belajar sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal dan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 11,67 dan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 17,50 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga di kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010. Kata kunci : Learning Cycle, aplikasi, penelitian tindakan kelas
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Depositing User: | Dr Ratu Ilma |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 11:24 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 03:30 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6819 |
Actions (login required)
View Item |