Diana, Diana and Ilma, Ratu and Somakim, Somakim (2016) Pembelajaran Matematika Materi Peluang Menggunakan Kupon Gosokan dan Dadu di Kelas IX. Seminar Nasional dan Lokakarya PISA 2016.
Text
Diana.docx Download (957kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran penggunaan kupon gosokan dan dadu serta menghasilkan lintasan belajar siswa pada materi peluang menggunakan pendekatan PMRI untuk kelas IX. Metode yang digunakan adalah desain pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap, yaitu : desain pendahuluan, percobaan mengajar (pilot experiment dan teaching experiment), dan analisis retrospektif. Dalam penelitian ini, serangkaian aktivitas pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan pendekatan PMRI. Penelitian ini melibatkan 6 siswa kelas IX.2 pada tahap pilot experiment dan 27 siswa kelas IX.1 SMP Negeri 1 Pampangan pada tahap teaching experiment. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam dua aktivitas yaitu menentukan ruang sampel, menemukan rumus peluang, dan menghitung nilai peluang suatu kejadian. Melalui aktivitas dan soal yang diberikan, siswa dibawa dari situasi informal menuju situasi yang lebih formal. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa peran media kupon gosokan dan dadu menggunakan pendekatan PMRI dapat membantu siswa memahami konsep materi peluang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2) |
Depositing User: | Dr Ratu Ilma |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 12:50 |
Last Modified: | 02 Dec 2019 10:00 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6839 |
Actions (login required)
View Item |