LESTARI, HIKMAH and Darmawijoyo, Darmawijoyo and Usra, Meirizal (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_85201_06071006008.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (49MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Preview |
Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (576kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_85201_06071006008_0028086503_0028056101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Upaya Meningkatkan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok melalui Metode Bagian di SMP Negeri 19 Palembang”. Masalah yang menjadi penyebab siswa kurang memahami tekhnik lompat jauh gaya jongkok yang baik dan benar serta efektif, penyebabnya antara lain, pembelajaran lompat jauh kurang diperhatikan dan metode dalam pembelajaran lompat jauh kurang tepat. Guru harus merubah cara mengajar dengan metode yang sesuai dalam pembelajaran lompat jauh. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas adalah suatu kajian yang bersifat reflektif bagi penelitian atas penelitian yang dilakukan, untuk memantapkan rasional, dan memperbaiki kondisi pembelajaran (Tim Pelatih PGSD, 1999). Penelitian tindakan kelas mempunyai ciri problem solving, yaitu pemecahan masalah yang nyata atau masalah yang terjadi di kelas. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran mulai siklus 1 dan siklus 2 ditemukan hasil sebagai berikut : Setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi kelas VII.8 SMP Negeri 19 Palembang yang berjumlah 44 siswa. Data dikumpulkan dari observasi. Hasil dari data awal, siswa yang kebenaran geraknya sangat baik hanya 9 siswa (20%) meningkat pada siklus 1 yaitu kebenaran gerak siswa yang sangat baik berjumlah 21 siswa (48%), kemudian dilanjutkan pada siklus 2 jumlah kebenaran gerak siswa yang sangat baik yaitu 34 siswa (77%). Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada target yang telah ditetapkan sesuai dari standar ketuntasan di SMP Negeri 19 Palembang, yaitu bila siswa yang kebenaran geraknya baik dalam mengikuti pembelajaran mencapai > 75 % maka penelitian dinyatakan berhasil. Dilihat dari siklus akhir ( dua ), siswa yang kebenaran geraknya sangat baik mencapai 77 %, dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil, sehingga tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya ( tiga ). Sebagian besar siswa mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan sebagian kecil tidak sungguhsungguh. Dari hasil penelitian diketahui bahwa siswa sangat senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran lompatjauh gayajongkok melalui metode bagian ini. Kata Kunci : Pembelajaran, lompatjauh gayajongkok, metode bagian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, lompatjauh gayajongkok, metode bagian |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 03:14 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 03:14 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/68490 |
Actions (login required)
View Item |