ANALISIS UPAYA PEMENUHAN CAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PADA PELAYANAN PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DEMPO KOTA PALEMBANG

SARI, OKTA MAYA and Misnaniarti, Misnaniarti (2022) ANALISIS UPAYA PEMENUHAN CAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PADA PELAYANAN PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DEMPO KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_13201_10011181823009.pdf] Text
RAMA_13201_10011181823009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011181823009_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_13201_10011181823009_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (41MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011181823009_0009067602_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_13201_10011181823009_0009067602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_13201_10011181823009_0009067602_02.pdf] Text
RAMA_13201_10011181823009_0009067602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011181823009_0009067602_03.pdf] Text
RAMA_13201_10011181823009_0009067602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011181823009_0009067602_04.pdf] Text
RAMA_13201_10011181823009_0009067602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011181823009_0009067602_05.pdf] Text
RAMA_13201_10011181823009_0009067602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011181823009_0009067602_06.pdf] Text
RAMA_13201_10011181823009_0009067602_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011181823009_0009067602_07_ref.pdf] Text
RAMA_13201_10011181823009_0009067602_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (174kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13201_10011181823009_0009067602_08_lamp.pdf] Text
RAMA_13201_10011181823009_0009067602_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Standar Pelayanan Minimal merupakan ketentuan tentang jenis, mutu pelayanan yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal. Berdasarkan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Kota Palembang capaian target Standar Pelayanan Minimal di Kota Palembang belum maksimal. Capaian pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal di Puskesmas Dempo mengalami angka fluaktif. Oleh karena itu tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis upaya pemenuhan capaian standar pelayanan minimal pelayanan hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Dempo Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori pendekatan sistem meliputi input, proses, output. Data diambil menggunakan wawancara mendalam, lembar observasi dan telaah dokumen, analisis data menggunakan analisis isi, informan berjumlah 11 informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bagian Sumber daya manusia, dana, sarana prasarana sudah mencukupi, sudah terdapat SOP, pada bagian pelaksanaan pendataan penderita hipertensi dilakukan ada kasus baru dengan penjaringan PIS-PK, Posbindu, Prolanis sebagai pelayanan utama, sudah dilakukan edukasi KIE, melakukan rujukan ke FKRTL, pelaporan dilakukan setiap bulan ke Dinas Kesehatan Kota Palembang. Cakupan capaian Standar Pelayanan Minimal pelayanan hipertensi belum mencapai target dengan capaian tahun 2021 yaitu 80,2 % dari target 100%. Kesimpulan analisis pelayanan hipertensi di Puskesmas Dempo secara keseluruhan sudah sesuai Permenkes No 4 Tahun 2019, namun capaian belum mencapai target disebabkan oleh ketidaksesuaian data antara pelaporan dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas, masih rendah pengetahuan masyarakat mengenai hipertensi, rendahnya minat masyarakat untuk memeriksakan diri untuk berobat ke Puskesmas sehingga untuk mendapatkan kasus baru sangat sulit. Saran yang dapat peneliti berikan sesuai dengan hasil penelitian yaitu Puskesmas agar dapat meningkatkan monitoring evaluasi untuk melihat ketercapaian SPM pada pendataan penderita hipertensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Standar Pelayanan Minimal, Pelayanan Penderita Hipertensi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13201-Public Health (S1)
Depositing User: okta mayasari
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:09
Last Modified: 13 Apr 2022 02:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/69001

Actions (login required)

View Item View Item