Rizka, Rizka Dhini Kurnia and Endang, Endang Lestari Ruskan and Ibrahim, Ali (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dan Peningkatan Mutu Lulusan Alumni Fasilkom Unsri Berbasis E-Learning(studi kasus: matakuliah pemrograman web). Jurnal Sistem Informasi (JSI), 6 (1). pp. 645-654. ISSN 2355-4614
Preview |
Text
774-2481-1-PB.pdf Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (177kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Pembelajaran perkuliahan Praktikum Pemrogramn web dengan model Cooperative Learning merupakan perkuliahan berdasarkan kerja kelompok untuk menyelesaikan projek yang diberikan oleh dosen pengampu. Tujuan dengan pembelajaran model Cooperative Learning adalah: (a) dapat meningkatkan hasil belajar akademik; (b) penerimaan terhadap keragaman, yaitu agar mahasiswa menerima teman - temannya yang mempunyai berbagai latar belakang; ( c) pengembangan keterampilan sosial, yaitu untuk mengembangkan keterampilan sosial mahasiswa diantaranya: berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memotivasi teman untuk bertanya, mau mengungkapkan ide, dan bekerja dalam kelompok. Sedangkan manfaat dari pembelajaran dengan model Cooperative Learning adalah: (a) mahasiswa yang diajari dengan dan dalam struktur - truktur kooperatif akan memperoleh hasil pembelajaran yang lebih tinggi; (b) mahasiswa yang berpartisipasi dalam pembelajaran kooperatif akan memiliki sikap harga diri yang lebih tinggi dan motivasi yang lebih besar untuk belajar; (c) dengan pembelajaran kooperatif, mahasiswa menjadi lebih peduli pada teman -temannya, dan diantara mereka akan terbangun rasa ketergantungan yang positif untuk proses belajar; (d) pembelajaran kooperatif meningkatkan rasa penerimaan mahasiswa terhadap teman - temannya yang berasal dari latar belakang ras dan etnik yang berbeda. Dari hasil kegiatan pembelajaran Pembelajaran perkuliahan Praktikum Pemrogramn web dengan model Cooperative Learning pada semester gasal 2013 jurusan sistem informasi fakultas ilmu komputer dapat disimpulan bahwa dapat meningkatkan nilai akademik masasiswa dan kemampuan serta pemahaman tentang pemrograman web. Selain proses pembelaj aran dengan model Cooperative Learning, kegiatan ini juga menggunakan ICT sebagai salah satu media pendukung yaitu adanya tuturial proses pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Sehingga mahasiswa lebih leluasa untuk mencoba kembali dirumah bersama tikelompok untuk belajar bersama. Dari hasil analisis 80 % mahasiswa dinyatakan berhasil mempelajari materi yang disampaikan dengan model Cooperative Learning. Bahkan berdasarkan hasil diskusi secara langsung dengan mahasiswa, model seperti yang membantu mereka dalam belajar karena mereka dapat secara leluasa bertanya sesama tim, dosen dan dapat berkreasi bersama. Kata kunci : Cooperative Learning, E-Learning, Alumni
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) |
Divisions: | 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1) |
Depositing User: | Mr Ali Ibrahim |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 11:15 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 15:22 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6939 |
Actions (login required)
View Item |