Jaji, Jaji (2014) ENTERPREUNER SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI PEMECAHAN MASALAH MENGATASI PENGANGGURAN PERAWAT. Program Studi Ilmu Keperawatan FK Unsri.
Text
abstrak_fik.docx Download (16kB) |
|
Text
makalah_enterpreuner_(FIK).docx Download (99kB) |
Abstract
Profesi keperawatan merupakan proses dinamis dimana profesi keperawatan yang telah terbentuk mengalami perubahan dan perkembangan karakteristik sesuai dengan tuntutan profesi dan kebutuhan masyarakat. Profesi keperawatan merupakan profesi yang sudah mendapatkan pengakuan dari profesi lain. Pendidikan keperawatan di Indonesia menghasilkan Sarjana Keperawatan sejak tahun 1995 secara mandiri. Tahun 2006 ada 12 Universitas yang menyelenggarakan PSIK dan 14 STIKES, dan lulusan sarjana keperawatan sebanyak 6000 orang. Pada tahun 2008 sudah mencapai 114 STIKES, dan lulusan yang dihasilkannya selama lima tahun terakhir mencapai 141.347 orang atau rata-rata 26.928 orang per tahun. Jumlah tersebut berasal dari program diploma III politeknik kesehatan milik pemerintah dan perguruan tinggi swasta. Namun besarnya lulusan perawat ternyata tidak terserap banyak lapangan kerja, hanya 4-10 persen di antara mereka yang diserap pasar kerja di lembaga kesehatan pemerintah dan swasta. Menurut laporan International Labour Organization (ILO), selama dua tahun terakhir terjadi peningkatan pengangguran dunia rata-rata 20 juta. Total jumlah penganggur saat ini 180 juta dan seperempatnya berada di Indonesia. Banyaknya lulusan yang tidak terserap oleh pasar, selain perawat perlu mengembangkan diri dalam menata supaya dapat berkompetitif baik didalam maupun diluar, perawat dapat mengembangkan jiwa wirausaha.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | wirausaha, pengangguran, perawat |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | S.Kep.Ns.M Jaji - |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 14:40 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 14:40 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6998 |
Actions (login required)
View Item |