Rohani, Rohani and Yusuf, Syafruddin and Syarifuddin, Syarifuddin (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Keterampilan Sosial di Sekolah Menengah Atas Palembang. Fajar Historia Jurnal ilmu Sejarah, 5 (2). pp. 117-129. ISSN 2549-5585
Preview |
Text
17. Artikel Fajar Historia (Rohani) 2021.pdf Download (290kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran team assisted individualization terhadap keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran sejarah Sekolah Menengah Atas Palembang. Metode penelitian yang digunakan quasi eksperimen. Kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan angket dan observasi. Teknik uji prasyarat analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas data, uji linearitas data, dan uji regresi sederhana dengan taraf signifikan Fhitung ˃ Ftabel dan taraf α = 0,05. Hasil Fhitung didapat 5,40 sementara untuk mencari Ftabel yakni db = 1 sebagai pembilang dan db = 34 sebagai penyebut dan di konsultasikan ke tabel F didapat 4,13. Perhitungan statistik diperoleh hasil Fhitung˃ Ftabel (5,40 ˃ 4,13) yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran team assisted individualization terhadap keterampilan sosial peserta didik pada mata pelajaran sejarah di Sekolah Menengah AtasPalembang. Kata Kunci: keterampilan sosial; model pembelajaran; team assisted individualization
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)-PATENT |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1) |
Depositing User: | Dr. Syarifuddin, M.Pd. |
Date Deposited: | 24 May 2022 02:17 |
Last Modified: | 24 May 2022 02:17 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70092 |
Actions (login required)
View Item |