PEMANFAATAN METODE SCAMPER UNTUK MENGEMBANGKAN DESAIN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

siti, hawa and Yosef, Yosef and Hasmalena, Hasmalena and Laihat, Laihat (2018) PEMANFAATAN METODE SCAMPER UNTUK MENGEMBANGKAN DESAIN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. In: Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 26 November 2018, Universitas Negeri Jakarta.

[thumbnail of Prosiding Metode scamper.pdf]
Preview
Text
Prosiding Metode scamper.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode SCAMPER terhadap kemampuan mahasiswa dalam membuat desain pembelajaran pada mata pelajaran matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di kelas rendah sekolah dasar. Partisipan yang terlibat dalam penelitian sebanyak 45 mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Sriwijaya. Data mengenai kemampuan mahasiswa dalam membuat desain pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan IPPSD terdiri dari 20 item. Analisis data ditujukan pada melihat perbedaan antara rerata skor dua sampel berpasangan prates dan pascates dari desain pembelajaran yang dibuat mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor prates dan postes. Dari pengujian ini dapat disimpulkan metode SCAMPER berpengaruh positif terhadap kemampuan mahasiswa dalam mendesain pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86207-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Dra. Hasmalena M.Pd.
Date Deposited: 31 May 2022 07:35
Last Modified: 31 May 2022 07:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70344

Actions (login required)

View Item View Item