KECENDERUNGAN PENYALAHGUNAAN ASET: MULTI-PERSPECTIVE FRAUD MODEL (Kajian Pustaka)

YUSRIANTI, HASNI and Ghozali, Imam and Yuyetta, Etna (2022) KECENDERUNGAN PENYALAHGUNAAN ASET: MULTI-PERSPECTIVE FRAUD MODEL (Kajian Pustaka). Doctoral thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of Disertasi Hasni u Repository Unsri.pdf]
Preview
Text
Disertasi Hasni u Repository Unsri.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Kecurangan adalah masalah pelik yang tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga terjadi di banyak Negara. Penyalahgunaan aset oleh pegawai adalah salah satu bentuk kecurangan yang sering terjadi dan berpotensi untuk merugikan negara maupun organisasi sektor swasta. Model-model fraud yang ada masih menggunakan pendekatan parsial, sehingga belum memberikan informasi yang menyeluruh tentang fraud yang sifatnya sangat kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Multi-perspective fraud kecenderungan penyalahgunaan aset di sektor pemerintah meliputi faktor individu, organisasi, sosial, dan lingkungan. Secara spesifik bertujuan menguji; pengaruh rasionalisasi, tekanan keuangan, greed, intensitas moral, kesempatan, peer influence, outcome expectancies, dan lingkungan kerja psikososial terhadap kecenderungan penyalahgunaan aset. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah pegawai pemerintah daerah. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling technique dengan kriteria: (1) Sampel dipilih dari kota dan kabupaten dari daerah yang pernah mendapat opini Non WTP dari BPK RI, (2) pegawai di bagian keuangan, logistik/perlengkapan, dan layanan masyarakat, dan (3) responden telah bekerja lebih dari 2 (dua) tahun. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 386. Metode analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini menemukan model Multi-perspective fraud yang mengindikasikan bahwa kecenderungan penyalahgunaan aset bersifat multidimensional dan kompleks. Secara spesifik menemukan bahwa kecenderungan penyalahgunaan aset ini dipengaruhi oleh Rasionalisasi, Tekanan keuangan, Greed, Intensitas moral, Kesempatan, Peer influence, Outcome expectancies; dan Lingkungan kerja psikososial. Model yang dibangun ini mendukung Teori Atribusi serta mendukung juga Social Learning Theory, Social Expectancy Theory, dan Fraud Triangle. Penelitian ini bermanfaat sebagai referensi pembuatan kebijakan untuk mendukung upaya pencegahan penyalahgunaan aset pada sektor pemerintah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5387-5387.5 Business ethics
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9103-9695 Local finance. Municipal finance Including the revenue, budget, expenditure, etc. of counties, boroughs, communes, municipalities, etc.
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 01-Faculty of Economics > 60001-Economics (S3)
Depositing User: Mrs Hasni Yusrianti
Date Deposited: 24 May 2022 04:04
Last Modified: 24 May 2022 04:04
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70407

Actions (login required)

View Item View Item