Mahyumi, Rantina and Hasmalena, Hasmalena and Yosef, Yosef (2022) Pengembangan Lagu Berbasis Aplikasi Musescore dalam Pengembangan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini ( Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)
Preview |
Text
Pengembangan Lagu Berbasis Aplikasi Musescore dalam Pengembangan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini(1).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan mengembangkan produk Lagu Anak Menggunakan Aplikasi Musescore dalam pengembangan aspek perkembangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan Penelitian dan Pengembangan (R&D) model ADDIE dengan Prosedur penelitian Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluation. Teknik evaluasi yang digunakan evaluasi formatif Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi ceklist, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dari instrument pengumpulan data. Pada tahap analysis dilakukan analisis kebutuhan tentang lagu anak di lapangan, kemudian mendesain prototype lagu anak dengan 2 tahap yaitu tahap pertama merancang lirik lagu dan tahap kedua membuat partitur lagu dengan aplikasi musescore, tahap selanjutnya mengembangkan produk dengan proses rekaman, melakukan validasi materi dan media dan tahap terkhir adalah mengujicobakan produk kepada guru dan anak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan produk lagu anak menggunakan aplikasi musescore dalam pengembangan aspek perkembangan anak usia dini valid, praktis dan berpotensial digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dengan metode bernyanyi
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86207-Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Dra. Hasmalena M.Pd. |
Date Deposited: | 17 Sep 2022 02:12 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 02:12 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70509 |
Actions (login required)
View Item |