GHAZY, M. FAVIAN and Pataras, Mirka and Kurnia, Aztri Yuli (2022) KARAKTERISTIK PAVEMENT AC-WC DAN AC-BC MENGGUNAKAN FABA PLTU TANJUNG ENIM DENGAN VARIASI ASPAL MINYAK, KARET DAN BUTON MENGGUNAKAN METODE MARSHALL IMMERSION DAN CANTABRO. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03011381722121_0001128107_0013078803_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) |
|
Text
RAMA_22201_03011381722121_0001128107_0013078803_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (380kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03011381722121_0001128107_0013078803_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (93kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03011381722121_0001128107_0013078803_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (71kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03011381722121_0001128107_0013078803_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03011381722121_0001128107_0013078803_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03011381722121_0001128107_0013078803_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03011381722121.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03011381722121_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Kualitas dari jalan dipengaruhi oleh perkerasan yang digunakan. Terdapat tiga perkerasan yang digunakan yaitu perkerasan rigid (kaku), perkerasan lentur, dan komposit. Bahan yang digunakan sebagai bahan pengikat campuran digunakan tiga jenis variasi aspal, yaitu aspal minyak, aspal buton dan aspal karet. Salah satu upaya untuk mengurangi atau menangani jumlah hasil pembakaran batubara yang timbul cukup banyak adalah dengan cara menggunakan abu batu bara berupa fly ash menjadi filler suatu campuran, dikarenakan bentuk dari fly ash menyerupai semen. Untuk limbah batubara berupa bottom ash dapat digunakan sebagai pengganti pasir, dikarenakan nilai gradasinya memenuhi untuk digunakan sebagai pasir. Fokus pada pengujian ini adalah untuk mengetahui indeks kekuatan sisa dengan menggunakan pengujian marshall immersion, dan nilai persentase kehilangan berat dengan menggunakan pengujian cantabro menggunakan nilai kadar aspal optimum (KAO) yang telah didapat.Dari pengujian marshall immersion pada lapisan AC-BC didapatkan campuran pengganti aspal karet dengan nilai persentase indeks kekuatan sisa sebesar 93,119%, selanjutnya campuran pengganti aspal pen.60/70 dengan nilai persentase indeks kekuatan sisa sebesar 91,718%, untuk campuran pengganti aspal buton dengan nilai persentase indeks kekuatan sisa sebesar 90,922%, dan campuran dengan nilai persentase indeks kekuatan sisa terkecil adalah campuran standar aspal pen.60/70 dengan nilai persentase indeks kekuatan sisa sebesar 90,517%. Dari pengujian marshall immersion pada lapisan AC-WC didapatkan campuran penggganti aspal karet dengan nilai persentase indeks kekuatan sisa sebesar 96,2%, selanjutnya campuran pengganti aspal pen. 60/70 dengan nilai persentase kekuatan sisa sebesar 94,23%, untuk campuran pengganti aspal buton dengan nilai persentase indeks kekuatan sisa sebesar 93,91%. Untuk nilai persentase kehilangan berat lapisan AC-BC campuran pengganti aspal karet dengan nilai persentase kehilangan berat sebesar 5,18%, selanjutnya campuran pengganti aspal pen. 60/70 dengan nilai persentase kehilangan berat sebesar 6,11%, untuk campuran pengganti aspal buton dengan nilai persentase kehilangan berat sebesar 6,62%. Untuk lapisan AC-WC campuran pengganti aspal karet dengan nilai persentase kehilangan berat sebesar 4,54%, selanjutnya adalah campuran pengganti aspal pen. 60/70 dengan nilai persentase kehilangan berat sebesar 5,08%, untuk campuran pengganti aspal buton dengan nilai persentase kehilangan berat sebesar 5,92%, dan campuran dengan nilai persentase kehilangan berat terbesar adalah campuran standar aspal pen.60/70 dengan nilai persentase kehilangan berat sebesar 6,83%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fly ash, bottom ash, marshall immersion, cantabro |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mr. M. Favian Ghazy |
Date Deposited: | 27 May 2022 02:27 |
Last Modified: | 27 May 2022 02:27 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70537 |
Actions (login required)
View Item |