UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEHNIK DASAR LARI SPRINT MELALUI METODE BAGIAN PADA SiSWA KELAS V SD NEGERI 4 AWAL TERUSAN KECAMATAN SIRAH PULAU PADANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

SAKRONI, SAKRONI and Syamsuramel, Syamsuramel and Kurdi, Fauziah Nuraini (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEHNIK DASAR LARI SPRINT MELALUI METODE BAGIAN PADA SiSWA KELAS V SD NEGERI 4 AWAL TERUSAN KECAMATAN SIRAH PULAU PADANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_85201_06107206002.pdf] Text
RAMA_85201_06107206002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (52MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_02.pdf] Text
RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_03.pdf] Text
RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_04.pdf] Text
RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_05.pdf] Text
RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (915kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_06_ref.pdf] Text
RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_07_lamp.pdf] Text
RAMA_85201_06107206002_0008036303_8894160017_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Upaya meningkatan hasil pembelajaran tehnik dasar lari sprint melalui metode bagian pada siswa kelas V SD Negeri 4 Awal Terusan Kecamatan Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan pembelajaran tehnik dasar lari sprint melalui metode bagian pada siswa kelas VSD Negeri 4 Awal Terusan Kecamatan Sirah Pulau Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dalam upaya peningkatan hasil pembelajaran tehnik dasar lari sprint melalui metode bagian. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 4 Awal Terusan dengan jumlah sampel penelitian adalah 40 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus pertama terdapat 8 siswa dari 40 siswa yang baik atau 20%, 15 siswa yang sedang atau 37,5%, dan 17 siswa yang kurang atau 42,5%. Ketuntasan siswa dalam melakukan tehnik dasar lari sprint 23 orang siswa tuntas atau 57,5%, dan 17 orang siswa yang tidak tuntas atau 32,5% kemudian pada siklus kedua, mengalami peningkatan keaktifan dan kemampuan gerak dalam melakukan tehnik dasar lari sprint. Pada siklus kedua ketuntasan siswa dalam melakukan tehnik dasar lari sprint 35 orang siswa tuntas atau 87,5% dan 5 orang siswa yang tidak tuntas atau 12,5%. Dengan mengamati hasil yang diperoleh, ketuntasan belajar mencapai 87,5%. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa setelah tindakan mencapai 87,5% di atas 85%, dapat disimpulkan bahwa pada siklus kedua ini telah mencapai target yang diinginkan sehingga tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya. Kata Kunci: Pembelajaran, Tehnik dasar larisprint, metode bagian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Tehnik dasar larisprint, metode bagian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:10
Last Modified: 06 Jun 2022 02:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70637

Actions (login required)

View Item View Item