PRAJATAMA, M. KARAN and Toybah, Toybah and Yosef, Yosef (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN KAMPUNG SAWIT 5 LAIS PADA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_86206_06131381621038.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131381621038_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_86206_06131381621038_0031125608_0023036204_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (639kB) | Preview |
Text
RAMA_86206_06131381621038_0031125608_0023036204_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (227kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131381621038_0031125608_0023036204_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (313kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131381621038_0031125608_0023036204_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131381621038_0031125608_0023036204_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (230kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131381621038_0031125608_0023036204_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (180kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06131381621038_0031125608_0023036204_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran GeoGebra terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN Kampung Sawit 5 Lais pada pembelajaran matematika tentang Bangun Ruang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif rancangan eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan jenis pendekatan yang digunakan adalah One-Group-Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 11 peserta didik kelas V. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes pretest-posttest dengan jumlah soal 25 butir soal pilihan ganda dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perubahan berupa peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Kampung Sawit 5 Lais setelah penerapan pembelajaran dengan menggunakan media GeoGebra. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata peserta didik sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran dengan media GeoGebra, nilai rata-rata peserta didik pada pretest yaitu 39,63 sedangkan nilai rata-rata peserta didik pada posttest yaitu 73,45. Hasil pretest dan posttest berdistribusi normal dengan nilai km 0,077 dan -0,078. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan Uji-t dan diperoleh t.hitung Sebesar 15,3 pada taraf signifikan 0,05 dan ttabel Sebesar 2,228. Data menunjukkan bahwa media pembelajaran GeoGebra memiliki pengaruh terhadap hasil belajar yang ditunjukkan lewat nilai t.hitung > t.tabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effect, GeoGebra as learning media, Learnig Outcome |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | M. Karan Prajatama |
Date Deposited: | 31 May 2022 07:04 |
Last Modified: | 31 May 2022 07:04 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70727 |
Actions (login required)
View Item |