PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKASI TANAH OLEH KANTOR ATR/BPN KOTA PALEMBANG SEBAGAI PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK

RAHMADITA, AUDRY VIZKA and Muntaqo, Firman and Irsan, Irsan (2022) PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKASI TANAH OLEH KANTOR ATR/BPN KOTA PALEMBANG SEBAGAI PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_0201138182345.pdf] Text
RAMA_74201_0201138182345.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381823345_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011381823345_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381823345_0011116302_0017018304_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_74201_02011381823345_0011116302_0017018304_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_74201_02011381823345_0011116302_0017018304_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011381823345_0011116302_0017018304_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381823345_0011116302_0017018304_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011381823345_0011116302_0017018304_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381823345_0011116302_0017018304_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011381823345_0011116302_0017018304_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (39kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381823345_0011116302_0017018304_06_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011381823345_0011116302_0017018304_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381823345_0011116302_0017018304_07_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011381823345_0011116302_0017018304_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan pembuatan sertifikat tanah oleh Kantor ATR/BPN kota Palembang sebagai Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik merupakan bentuk pemenuhan kebutuhan oleh penyelenggara bagi masyarakat. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya melaksanakan pendaftaran tanah dikhawatirkan akan menimbulkan timpang tindih kepemilikkan hak atas tanah. Permasalahan dalam penelitian ini membahas mengenai pelayanan dalam pembuatan sertifikat tanah sesuai dengan Asas umum pemerintahan yang baik di Kantor ATR/BPN kota Palembang sehingga Tujuan permasalahan ini dapat mengkaji dan mengetahui faktor-faktor yang menghambat proses pelaksanaan pensertifikatan serta upaya yang diambil untuk mengatasi hambatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Normatif dengan menggunakan pendekatan Perundang-Undangan dan pendekatan Kasus dan tambahan wawancara. Sumber data penelitian ini terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier yang kemudian dikaji dan di analisis secara kualitatif serta penarikan kesimpulan dengan metode deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan pembuatan sertifikat tanah di kantor ATR/BPN kota Palembang telah menerapkan prinsip AUPB yang bersifat transparan, akuntabel dan terbuka. Kedua, faktor yang menjadi penghambat dalam pendaftaran tanah diantaranya ialah belum adanya jaminan kepastian hukum dalam pelaksanaan pembuatan sertifikat, tahapan prosedur yang masih dianggap rumit, biaya pendaftaran yang masih belum terjangkau, serta kekurangan sumber daya manusia (pegawai) di kantor ATR/BPN kota Palembang. Ketiga, upaya yang dilakukan oleh kantor ATR/BPN kota Palembang yakni melakukan peningkatan kualitas manajemen, mutu pelayanan sesuai undang-undang pelayanan dan melaksanakan program kerja pemerintah PTSL bagi masyarakat. Kata Kunci : Pelayanan Publik, Pendaftaran Tanah, Sertifikat Tanah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Pendaftaran Tanah, Sertifikat Tanah
Subjects: K Law > K Law (General) > K3400-3431 Administrative law
K Law > K Law (General) > K3402-3417 The administrative process
K Law > K Law (General) > K623-968 Civil law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Ms. RAHMADITA AUDRY VIZKA
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:50
Last Modified: 03 Jun 2022 07:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/71408

Actions (login required)

View Item View Item