AFRILIA, MELINIA RINDA and Yunita, Yunita and Rodiah, Desty (2022) KOMPARASI METODE MOORA DAN WASPAS DALAM REKOMENDASI PENETAPAN PROGRAM MIPA DAN IPS PADA SISWA SMA SEKOLAH PENGGERAK. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_55201_09021181823008.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_55201_09021181823008_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_55201_09021181823008_0006068305_8802870018_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Preview |
Text
RAMA_55201_09021181823008_0006068305_8802870018_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_55201_09021181823008_0006068305_8802870018_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_55201_09021181823008_0006068305_8802870018_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_55201_09021181823008_0006068305_8802870018_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
UNSPECIFIED
RAMA_55201_09021181823008_0006068305_8802870018_06.pdf Restricted to UNSPECIFIED Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_55201_09021181823008_0006068305_8802870018_07_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_55201_09021181823008_0006068305_8802870018_08_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pada tahun pelajaran 2021/2022, terdapat perkembangan kebijakan baru, yaitu Program Sekolah Penggerak. Program Sekolah Penggerak yang diadopsi mengalami perubahan kurikulum, dengan memposisikan kelas X berada dalam kelas reguler yang belum memilih program penjurusan. Dalam melakukan penetapan program peminatan (jurusan) membutuhkan ketepatan agar tidak berujung penyesalan karena terdapat ketidaksesuaian terhadap siswa. Pemilihan program peminatan melibatkan banyak pertimbangan kriteria seperti minat siswa, prestasi akademik, maupun dukungan dari orangtua siswa. Metode MOORA memiliki tingkat selektifitas yang baik, karena dapat menentukan tujuan dan kriteria yang bertentangan , yaitu kriteria yang bernilai menguntungkan (Benefit) atau tidak menguntungkan (Cost). Sedangkan metode WASPAS menawarkan keefektivan untuk membuat keputusan pada masalah yang tergolong kompleks melalui penyederhanaan proses penentuan keputusan dengan menyelesaikan masalah menjadi bagian-bagian dan mengatur bagian-bagian tersebut dalam pengaturan hirarki dan memberian nilai numerik pada subyektif. Penelitian ini menghasilkan akurasi sebesar 97,83% pada metode MOORA dan 99,10% pada metode WASPAS. Kedua metode mampu menganalisa keputusan dengan baik, namun metode WASPAS lebih terfokus pada nilai pembobotan setiap kriteria sehingga menghasilkan akurasi yang lebih baik. Kata kunci: Perbandingan, Peminatan, Jurusan, MOORA, WASPAS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perbandingan, Peminatan, Jurusan, MOORA, WASPAS |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information T Technology > T Technology (General) > T175-178 Industrial research. Research and development |
Divisions: | 09-Faculty of Computer Science > 55201-Informatics (S1) |
Depositing User: | Ms Melinia Rinda Afrilia |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 08:32 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 03:03 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/73941 |
Actions (login required)
View Item |