PENERAPAN MODEL MODIFIKASI BOLA DAN LAPANGAN PERMAINAN BOLAVOLI UNTUK PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN PENJAS ORKES DI SEKOLAH DASAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 210 PALEMBANG

EKA, CEK and Waluyo, Waluyo and Sy.Muherman, Sy.Muherman (2010) PENERAPAN MODEL MODIFIKASI BOLA DAN LAPANGAN PERMAINAN BOLAVOLI UNTUK PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN PENJAS ORKES DI SEKOLAH DASAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 210 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_85201_56071006125.pdf] Text
RAMA_85201_56071006125.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (58MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_56071006125_9990065985_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_85201_56071006125_9990065985_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_85201_56071006125_9990065985_02.pdf] Text
RAMA_85201_56071006125_9990065985_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_56071006125_9990065985_03.pdf] Text
RAMA_85201_56071006125_9990065985_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_56071006125_9990065985_04.pdf] Text
RAMA_85201_56071006125_9990065985_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_56071006125_9990065985_05.pdf] Text
RAMA_85201_56071006125_9990065985_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_56071006125_9990065985_06_ref.pdf] Text
RAMA_85201_56071006125_9990065985_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (968kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_56071006125_9990065985_07_lamp.pdf] Text
RAMA_85201_56071006125_9990065985_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Modifikasi Bola dan Lapangan Permainan Bolavoli Untuk Peningkatan Proses Pembelajaran Penjas Orkes di Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 210 Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model modifikasi bola dan lapangan permainan bolavoli tersebut dapat membuat anak bergerak secara aktif, berani, senang, sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran Penjas Orkes di sekolah dasar pada siswa kelas V SD Negeri 210 Palembang”. Tujuan Penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah penerapan model modifikasi bola dan lapangan permainan bolavoli ini sesuai sebagai media pembelajaran untuk anak sekolah dasar dan dapat membuat anak bergerak secara aktif, berani dan senang serta dapat meningkatkan proses pembelajaran Penjas Orkes di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan mengikuti prosedur penelitian berdasarkan pedoman, Kemmis, S. dan MC. Toggart .R. (1998) yang mencangkup kegiatan : Perencanaan, Tindakan Observasi dan Refleksi (Evaluasi). Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 210 Palembang yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, yaitu siklus pertama bermain bolavoli menerapkan model modifikasi bola. Data yang dikumpulkan dari hasil observasi dilapangan dengan jenis data yaitu kebenaran gerak siswa, keaktifan siswa dan sikap siswa (kerja sama team, sportifitas, dan kejujuran siswa) dalam mengikuti proses pembelajaran permainan bolavoli. Siklus pertama peningkatan pembelajaran siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan peneliti yaitu baru mencapai kebenaran gerak 63,33%, keaktifan siswa 63,34%, sikap siswa 63,33%. Standar kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan peneliti adalah > 75%. Siklus kedua bermain bolavoli dengan menerapkan model modifikasi lapangan, proses pembelajaran meningkat secara signitifikan : kebenaran gerak siswa mencapai dengan hasil 93,33%, keaktifan siswa 93,34%, sikap siswa 93,33% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran permainan bolavoli yaitu 30 orang siswa, maka dengan tercapainya standar kriteria ketuntasan minimal yang peneliti tentukan maka peneliti ini dinyatakan berhasil. Berdasarkan data hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa “Model Modifikasi Bola dan Lapangan Permainan Bolavoli Dapat Meningkatkan Proses Pembelajaran Penjas Orkes Di Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 210 Palembang”. Kata Kunci : Model Modifikasi Bola, Lapangan, Permainan Bolavoli, Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Modifikasi Bola, Lapangan, Permainan Bolavoli, Proses Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:50
Last Modified: 27 Jul 2022 05:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/74325

Actions (login required)

View Item View Item