IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI HOLISTIK INTEGRATIF DI KECAMATAN INDRALAYA

AFFITA, SALSADIVA and Widodo, Slamet and Khairunnisyah, Tuty (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI HOLISTIK INTEGRATIF DI KECAMATAN INDRALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_63201_07011281823195.pdf] Text
RAMA_63201_07011281823195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011281823195_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_63201_07011281823195_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_02.pdf] Text
RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (610kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_03.pdf] Text
RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_04.pdf] Text
RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (914kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_05.pdf] Text
RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_06_ref.pdf] Text
RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_07_lamp.pdf] Text
RAMA_63201_07011281823195_0019115806_0005016204_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang berjudul “Implementasi Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif di Kecamatan Indralaya” ini di latar belakangi oleh permasalahan dalam evaluasi yang hanya dilakukan melalui pemeriksaan data pada saat akreditasi sekolah tanpa adanya intrumen ataupun dokumen khusus dalam pelaporan kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi kebijakan program pendidikan anak usia dini holistik integratif di Kecamatan Indralaya khususnya Kecamatan Indralaya. Metode penelitian ini adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teori Implementasi Kebijakan menurut George C. Edward III, yang didalamnya terdapat empat indikator untuk menilai keberhasilan dari suatu kebijakan, yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif di Kecamatan Indralaya masih belum berjalan dengan baik dikarenakan staff yang ada dalam pelaksaan PAUD Holistik Integratif belum memadai dan belum memahami masing-masing tupoksi dalam pelaksanaan kebijakan, begitupula dengan guru-guru di lembaga PAUD yang tidak seimbang dengan banyaknya jumlah peserta didik, fasilitas sarana prasarana berupa mainan dan alat pengukur dalam pelaksaan Holistik Integratif masih menggunakan sistem bergilir karena keterbatasan alat dengan jumlah peserta didik yang banyak, kemudian dalam SOP kebijakan belum dilaksanakannya evaluasi karena belum adanya alat atau instrumen khusus untuk mengukur keberhasilan kebijakan dan belum adanya laporan berupa dokumen khusus dari lembaga PAUD terkait perkembangan PAUD Holistik Integratif, serta fragmentasi melalui koordinasi masih terdapat peran dan tanggungjawab dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Ogan Ilir, stakeholder dan lembaga PAUD yang belum melaksanakan sosialisasi dan evaluasi kebijakan PAUD Holistik Integratif. Adapun saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini yaitu pihak pengelola dan pelaksana kebijakan perlu menambah jumlah pegawai dan koordinasi antar stakeholder, pihak pengelola lembaga PAUD perlu menambah jumlah mainan dan alat-alat pengukur dalam pelaksaan PAUD Holistik Integratif sesuai dengan kapasitas peserta didik, pihak pengelola dan pelaksana kebijakan perlu memberikan tolak ukur berupa dokumen atau instrumen dalam menentukan keberhasilan kebijakan PAUD Holistik Integratif, selanjutnya pihak pengelola dan pelaksana kebijakan perlu melakukan studi mengenai peran dan tanggungjawab dalam pelaksanaan PAUD Holistik Integratif serta melakukan koordinasi dengan stakeholder.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, PAUD Holistik Integratif
Subjects: J Political Science > JJ Political institutions and public administration (North America)
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 63201-State Administration (S1)
Depositing User: Salsadiva Affita
Date Deposited: 29 Jul 2022 04:18
Last Modified: 29 Jul 2022 04:18
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/75118

Actions (login required)

View Item View Item