KAJIAN TEKNIS PENGARUH TOTAL RESISTANCE TERHADAP PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT OFF HIGHWAY TRUCK CAT 773E DI PT CAKRAWALA DINAMIKA ENERGI, PROVINSI BENGKULU

MUHAMMAD, FAWWAZ SAIFANI and Purbasari, Diana and iskandar, hartini (2022) KAJIAN TEKNIS PENGARUH TOTAL RESISTANCE TERHADAP PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT OFF HIGHWAY TRUCK CAT 773E DI PT CAKRAWALA DINAMIKA ENERGI, PROVINSI BENGKULU. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_31201_03021281722034.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722034_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722034_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_01_front_ref-.pdf]
Preview
Text
RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_01_front_ref-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (623kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_02.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_03.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_04.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (850kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_05.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_06_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722034_0017048203_0007124802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Jalan angkut yang baik merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam kelancaran kegiatan pengangkutan overburden serta proses pencapaian target produktivitas pengangkutan yang telah ditetapkan oleh PT. Cakrawala Dinamika Energi. Berdasarkan hal tersebut dapat dilakukan kajian teknis mengenai perhitungan aktual dan teoritis total resistance pada proses pengangkutan overburden serta perbandingan perhitungan total resistance aktual dan teoritis sesudah dilakukan perbaikan terhadap produktivitas pada proses pengangkutan overburden dari pit 1 cde ke disposal area. Dilakukan pengambilan data cycle time untuk perhitungan produktivitas, menghitung Jarak jalan angkut menggunakan GPS, pembagian segmen jalan, pengamatan terhadap jalan agar bisa menentukan nilai rolling resistance yang akan digunakan dari buku dan pengambilan grade jalan pada tiap segmen untuk perhitungan total resistance. Dari data yang sudah di ambil terdapat tiga jalan angkut yang dilakukan perhitungan total resistancenya. Berdasarkan perhitungan pada jalan satu terdapat tiga segmen jalan yang tidak memenuhi acuan dengan nilai total resistance. Pada jalan dua terdapat lima segmen jalan yang tidak memenuhi acuan dengan nilai total resistance. Pada jalan tiga terdapat dua segmen jalan yang tidak memenuhi acuan dengan nilai total resistance. Produktivitas alat angkut sebelum dilakukan perbaikan terhadap nilai total resistance pada jalan satu adalah 120,98 bcm/jam/unit dengan waktu edar 7,71 menit, sedangkan produktivitas alat angkut setelah dilakukan perbaikan terhadap nilai total resistance adalah 134,85 bcm/jam/unit dengan waktu edar 6,92 menit. Produktivitas alat angkut sebelum dilakukan perbaikan terhadap nilai total resistance pada jalan dua adalah 114,56 bcm/jam/unit dengan waktu edar 8,15 menit, sedangkan produktivitas alat angkut setelah dilakukan perbaikan terhadap nilai total resistance adalah 132,28 bcm/jam/unit dengan waktu edar 7,05 menit. Produktivitas alat angkut sebelum dilakukan perbaikan terhadap nilai total resistance pada jalan tiga adalah 113,48 bcm/jam/unit dengan waktu edar 8,22 menit, sedangkan produktivitas alat angkut setelah dilakukan perbaikan terhadap nilai total resistance adalah 134,78 bcm/jam/unit dengan waktu edar 6,92 menit. Pengaruh total resistance alat angkut terhadap produktivitas alat angkut adalah semakin kecil nilai total resistance maka waktu edar juga semakin kecil sehingga produktivitas alat angkut semakin meningkat. Kata Kunci : grade, Tahanan Gulir, Total Resistance, Hauling, Produktivitas Kepustakaan : 14 kepustakaan, 1996 - 2019

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: grade, Tahanan Gulir, Total Resistance, Hauling, Produktivitas
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN331-347 Mine transportation, haulage and hoisting. Mining machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1)
Depositing User: Fawwaz Saifani Muhammad
Date Deposited: 02 Aug 2022 04:32
Last Modified: 02 Aug 2022 04:32
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/75560

Actions (login required)

View Item View Item