Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Hak Tanggungan Elektronik (HT-el): Peer Review

Azhar, Azhar (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Hak Tanggungan Elektronik (HT-el): Peer Review. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of JHESS Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk.pdf]
Preview
Text
JHESS Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk.pdf

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of JEHSS Pengaruh Kualitas Pelayanan.pdf]
Preview
Text
JEHSS Pengaruh Kualitas Pelayanan.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pengguna layanan hak tanggungan elektronik (HT-el) di Kantor Pertanahan Kabupaten Ogan Komering Ulu. Guna mendekati masalah ini dipergunakan acuan teori dari Kotler dan Keller, dimana kepuasan pelanggan merupakan perbandingan kualitas pelayanan dan kualitas produk yang diharapkan pelanggan dengan yang diterimanya. Sementara untuk teori operasional menggunakan model E-GovQual oleh Papadomichelaki dan Mentzas, dan model kualitas produk oleh Kotler dan Armstrong. Data-data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis secara kuantitatif. Kajian ini menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan HT-el sebesar 48,7 persen, kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan HT-el sebesar 63,3 persen, sementara itu kualitas pelayanan dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 66,1 persen. Untuk itu perlu ditingkatkan lagi kualitas pelayanan hak tanggungan elektronik (HT-el) khususnya pada daya dukung (citizen support) yang melibatkan pelaksana HT-el. Diharapkan dapat diadakannya kegiatan-kegiatan peningkatan keterampilan teknis dan pengembangan karakter pelaksana HT-el, yaitu pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Ogan Komering Ulu. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Kualitas Produk; Kepuasan Pengguna Layanan.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 84201-International Relations (S1)
Depositing User: Dr Azhar Azhar
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:15
Last Modified: 12 Aug 2022 03:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/76844

Actions (login required)

View Item View Item