PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN "AKU MANDIRI" PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN OGAN ILIR MENGGUNAKAN METODE E-GOVQUAL MODIFIKASI

PERMATASARI, WIDIA and Wedhasmara, Ari (2022) PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN "AKU MANDIRI" PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN OGAN ILIR MENGGUNAKAN METODE E-GOVQUAL MODIFIKASI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031181823010.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823010_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823010_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823010_0011127803_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_57201_09031181823010_0011127803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (899kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823010_0011127803_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823010_0011127803_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823010_0011127803_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823010_0011127803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823010_0011127803_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823010_0011127803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823010_0011127803_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823010_0011127803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (499kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823010_0011127803_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823010_0011127803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031181823010_0011127803_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031181823010_0011127803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Layanan “Aku Mandiri” merupakan salah satu pelayanan yang tersedia di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Ilir. Untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan, efisien, efektif dan akuntabel. Maka dilakukan pengukuran terhadap kualitas layanan agar kepercayaan masyarakat tetap terjaga. Kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah akan menurun apabila pemerintah tidak mampu memberikan pelayanan sesuai dengan ekspektasi masyarakat. Jika sebuah layanan yang diterima masyarakat buruk, pasti akan menimbulkan citra negatif bagi pemerintah selaku penyedia layanan. Akibatnya masyarakat akan menghindari urusan yang berhubungan dengan birokrasi pemerintah. Berdasarkan hal itu, maka dilakukan pengukuran kualitas layanan “Aku Mandiri” menggunakan metode e-govqual modifikasi yang merupakan metode pengembangan dari e-govqual dengan penambahan variabel keseluruhan (user satisfactions). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 383 responden, data diolah dan dianalisis dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas kuesioner. Uji convergency validity menggunakan outer loading dan uji discriminant validity menggunakan cross loading untuk menentukan valid atau tidaknya kuesioner. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas menggunakan composite reliability dengan ketentuan dari nilai cronbach alpha, apabila dinilai valid dan reliabel maka dilakukan evaluasi inner model untuk mengetahui pengaruh hubungan antar konstruk dan menentukan hipotesis menggunakan path coefficient. Penelitian ini menemukan bahwa variabel easy of use dan variabel trust berpengaruh signifikan terhadap variabel user satisfaction. Adapun pada variabel ease of use, trust, reliability, functionality of the interaction environment, content & appearance of information dan citizen support berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel user satisfaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Government, E-GovQual Modifikasi, Kualitas Layanan.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q334-342 Computer science. Artificial intelligence. Algorithms. Robotics. Automation.
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Widia Permatasari
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:30
Last Modified: 30 Aug 2022 02:30
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/78040

Actions (login required)

View Item View Item