DEVELOPMENT OF MATHEMATHICS STORYBOOK FOR CHILD GROUP B IN TK NEGERI PEMBINA SOUTH INDRALAYA

Syafdaningsih, Syafdaningsih and Ria, Rosidah (2018) DEVELOPMENT OF MATHEMATHICS STORYBOOK FOR CHILD GROUP B IN TK NEGERI PEMBINA SOUTH INDRALAYA. Cakrawala dini : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9 (1). pp. 1-7. ISSN 2621-8321

[thumbnail of 11348-24486-4-PB.pdf]
Preview
Text
11348-24486-4-PB.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Pengembangan penelitian ini memiliki pandangan untuk menghasilkan buku- buku cerita matematika. Pengembangan buku cerita matematika menggunakan kombinasi model rowntree dan evaluasi tessmer. Model rowntree terdiri dari tiga tahap, dalam tahap perencanaan, tahap pengembangan dan evaluasi. Pada evaluasi evaluasi formatif yang disajikan oleh tessmer yang terdiri dari lima tahap, dalam evaluasi diri, ulasan ahli, evaluasi satu-ke-satu, evaluasi kelompok kecil dan uji lapangan. Menggunakan teknik observasi pengumpulan data. Dari tinjauan ahli diperoleh skor rata-rata penilaian ahli pada Buku 1 sebesar 3,90% (kategori sangat berlaku), Buku 2 dari 3,90% (kategori sangat valid), Buku 3 dari 3,90% (kategori sangat valid), Buku 4 dari 3,90% (kategori sangat valid). Tahap satu-ke-satu evaluasi diperoleh rata-rata pengamatan anak-anak dengan Buku 1 dari 85% (kategori sangat baik), Buku 2 dari 86% (kategori sangat baik), Buku 3 dari 87% (kategori sangat baik), dan Buku 4 dari 86% (kategori sangat bagus). Evaluasi kelompok kecil memperoleh rata-rata pengamatan pada Buku 1 88% (kategori sangat baik), Buku 2 dari 90% (kategori sangat baik), Buku 3 dari 91% (kategori sangat baik), dan Buku 4 dari 92% ( kategori sangat bagus). Di lapangan untuk skor tes observasi pada Buku 1 dari 95% (kategori sangat baik), Buku 2 dari 95% (kategori sangat baik), Buku 3 dari 91% (kategori sangat baik), Buku 4 dari 95% (kategori sangat baik). Dari semua tahapan yang sudah dilakukan sehingga dapat disimpulkan bahwa buku cerita matematika dinyatakan valid, praktis, dan memiliki potensi efek bagi anak

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86207-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Syafdaningsih syafar
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:26
Last Modified: 30 Sep 2022 03:26
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/79339

Actions (login required)

View Item View Item