Similarity of Sumber Daya Terhadap Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) di Puskesmas Kota Palembang

MUNAWARAH, SITI HALIMATUL and Misnaniarti, Misnaniarti and Isnurhadi, Isnurhadi (2020) Similarity of Sumber Daya Terhadap Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) di Puskesmas Kota Palembang. Universitas Aisyiyah Surakarta.

[thumbnail of Sumber_Daya_Terhadap_Pencapaian_Indikator_Kapitasi.pdf]
Preview
Text
Sumber_Daya_Terhadap_Pencapaian_Indikator_Kapitasi.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pencapaian target indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBPKP) di Puskesmas Kota Palembang dinilai belum optimal karena sebagian besar Puskesmas belum menerima pembayaran kapitasi 100% karena tidak dapat memenuhi ketiga indikator komitmen layanan. Sebanyak 63% Puskesmas tidak memenuhi indikator Angka Kontak; 44% Puskesmas tidak memenuhi indikator Rasio Peserta Prolanis Rutin Berkunjung dan 5% Puskesmas tidak memenuhi indikator Rasio Rujukan Non Spesialistik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Faktor Pencapaian Indikator KBPKP di Puskesmas Kota Palembang. Desain penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini total sampling, yaitu 41 pemegang program KBPKP Puskesmas Kota Palembang. Data dalam penelitian ini diambil melalui penyebaran kuesioner, wawancara, observasi dengan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan staf (p=0,000); informasi (p=0,001); wewenang (p=0,001); sarana prasarana (p=1,000). Ada hubungan antara staf, informasi, wewenang terhadap Pencapaian Indikator KBPKP di Puskesmas Kota Palembang. Tidak ada hubungan antara sarana prasarana terhadap Pencapaian Indikator KBPKP di Puskesmas Kota Palembang.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance. Corporation finance
Divisions: 01-Faculty of Economics > 61102-Management (S2)
Depositing User: Ph.D Isnurhadi Isnurhadi
Date Deposited: 06 Apr 2023 15:03
Last Modified: 06 Apr 2023 15:03
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/80191

Actions (login required)

View Item View Item