AFRIANDA, NANDO and Agustina, Sri (2018) PERANCANGAN PENGEREMAN MOTOR BLDC (BRUSHLESS DC) SEBAGAI PENGGERAK UTAMA MOBIL LISTRIK. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_20201_03041381320013_0018086101_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (883kB) | Preview |
Text
RAMA_20201_03041381320013_0018086101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (511kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_20201_03041381320013_0018086101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (237kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_20201_03041381320013_0018086101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (698kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_20201_03041381320013_0018086101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (149kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_20201_03041381320013_0018086101_06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (170kB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan teknologi masa kini telah berkembang sangat pesat, bahkan semuanya serba otomatis dan serba menggunakan listrik. Dapat dibuktikan oleh banyaknya inovasi-inovasi yang telah diciptakan di dunia. Salah satunya perkembangan teknologi saat ini adalah bermunculannya mobil listrik. Mobil listrik merupakan kendaraan yang memanfaatkan sumber listrik sebagai bahan bakarnya dan motor listrik sebagai penggeraknya. Seiring perkembangan penciptaan mobil listrik, maka sistem pengereman juga perlu dikembangkan untuk menghentikan atau memperlambat laju kendaraan, maka diciptakan pengereman elektrik agar pengereman lebih efisien. Pada mobil listrik yang dibuat, telah terpasang pengereman listrik secara plugging, dimana pengereman jenis ini bekerja saat kutub pada terminal sumber diubah dan akan menyebabkan pembalikkan pada perputaran jangkar motor, pembalikkan jangkar motor disebabkan oleh diubahnya kutub pada terminal sumber oleh kontroler 3 fasa. Untuk daya yang dibutuhkan untuk berjalan maju adalah sebesar 61 Watt dengan menggunakan tegangan sebesar 24,4 Volt dan arus sebesar 2,5 Ampere, dan untuk daya yang dibutuhkan untuk pengereman adalah sebesar 63,24 Watt dengan menggunakan tegangan sebesar 10,2 Volt dan arus sebesar 6,2 Ampere. Setelah itu, untuk perhitungan arus yang mengalir pada motor saat berjalan maju, didapatkan nilai tegangan yang diukur sebesar 24,4 Volt dan resistansi pada motor sebesar 6,41 Ohm. Maka arus pada saat berjalan adalah sebesar 3,806 Ampere. Sedangkan arus yang mengalir pada motor saat melakukan pengereman plugging, didapatkan nilai tegangan yang diukur sebesar 24,4 Volt, tegangan output motor sebesar 13,8 Volt, dan resistansi pada motor sebesar 1,6 Ohm. Maka arus pada saat pengereman adalah sebesar 6,62 Ampere.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobil listrik, pengereman listrik, pengereman secara plugging |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000-2891 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 02:45 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 02:45 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/8053 |
Actions (login required)
View Item |