PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG

NOFIANTI, ZARA and Ar, Rusmin and Koryati, Dewi (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_01_FRONT_REF.pdf] Text
RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_01_FRONT_REF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (469kB)
[thumbnail of RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_02.pdf] Text
RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_02.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (168kB)
[thumbnail of RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_03.pdf] Text
RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_03.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (186kB)
[thumbnail of RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_04.word.pdf] Text
RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_04.word.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (232kB)
[thumbnail of RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_05.word.pdf] Text
RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_05.word.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (59kB)
[thumbnail of RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_06_REF.word.pdf] Text
RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_06_REF.word.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (82kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_07_LAMP.word.pdf] Text
RAMA_87203_06031281520067_0026085607_0022086402_07_LAMP.word.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari penerapan model pem-belajaran contextual teaching and learning terhadap pemahaman konsep ekonomi peserta didik di SMA Negeri 3 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian yaitu quasi experimental design dengan bentuk post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambil sampel dalam penelitian ini meng-gunakan cluster random sampling yaitu dengan cara diundi sehingga diperoleh kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data dari pemahaman konsep ekonomi peserta didik diperoleh hasil dari post test dan dikelompokkan dalam kategori Ktiteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan analisis data observasi diperoleh dari hasil observasi observer pada saat pembelajaran berlangsung. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu korelasi pearson product moment diperoleh sebesar 0,991 yaitu bernilai sangat kuat, besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan rumus koefisien determinan sebesar 98,4% dan hasil uji-t (polled varian) yaitu thitung (15,09) > ttabel (1,674) maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap pemahaman konsep ekonomi peserta didik di SMA Negeri 3 Palembang. Disarankan guru memperbanyak pertanyaan ketika proses diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Users 249 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2019 08:53
Last Modified: 26 Jul 2019 20:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/806

Actions (login required)

View Item View Item