LUGAN, UMI MADESTIA and Primartha, Rifkie and Primanita, Anggina (2018) PENGENALAN AKSARA LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE GRAPH MATCHING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_55201_09021381320013 _0001067709_0206088901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (985kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_55201_09021381320013 _0001067709_0206088901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (379kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_55201_09021381320013 _0001067709_0206088901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (399kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_55201_09021381320013 _0001067709_0206088901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (814kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_55201_09021381320013 _0001067709_0206088901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (84kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_55201_09021381320013 _0001067709_0206088901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (182kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_55201_09021381320013 _0001067709_0206088901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (423kB) | Request a copy |
Abstract
Keberagaman Aksara Lampung membutuhkan teknik pengenalan pola agar komputer dapat mengenali suatu aksara. Solusi untuk mengenali Aksara Lampung dapat dilakukan dengan metode pengenalan pola melalui media perangkat lunak. Metode pengenalan pola tersebut menggunakan metode pengenalan Graph Matching. Penelitian ini diimplementasikan sebagai aplikasi pada Platform Android, dengan masukan berupa citra Induk Aksara Lampung yang digambar oleh pengguna melalui layar sentuh Android. Citra yang telah dituliskan dilakukan proses greyscale, binarisation, skeletonitation, dan Graph Matching setelah itu didapatkan sebuah pola berupa String vertex, edge, dan arah edge yang nantinya disimpan di dalam database. Penelitian ini menggunakan 600 data diperoleh dari 30 tulisan tangan Induk Aksara Lampung. Tingkat akurasi tulisan tangan Aksara Lampung dapat dikenali sebanyak 74% dan 26% tidak dikenali. Karakter yang Karakter yang memiliki presentase tertinggi yaitu 93 % huruf Ga, Pa, Na, La, dan Ha sedangkan presentase terendah huruf Ca sebanyak 43%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengenalan Aksara Lampung, Tulisan Tangan, Karakter Induk Aksra, Greyscale, Binarisation, Skeletonitation, Graph Matching. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology |
Divisions: | 09-Faculty of Computer Science > 55201-Informatics (S1) |
Depositing User: | Mrs Sri Astuti |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 04:08 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 04:10 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/8202 |
Actions (login required)
View Item |