SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITIF: Eksplorasi dan Identfikasi Biodiversitas Burung Pesisir Pantai Sungai Jeruju dan Sungai Pasir Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan

Setiawan, Arum (2022) SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITIF: Eksplorasi dan Identfikasi Biodiversitas Burung Pesisir Pantai Sungai Jeruju dan Sungai Pasir Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITIF-TAHAP-I TAHUN 2022_compressed.pdf]
Preview
Text
SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITIF-TAHAP-I TAHUN 2022_compressed.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara dengan kekayaan keanekaragaman hayati tertinggi nomor tiga di dunia. Potensial biodiversitas masih banyak yang belum diketahui. Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki kawasan hutan sebagai penyedia data dukung dan daya tampungterhadap bidoversitas adalah Sumatera Selatan. Kondisi habitat yang sebagian besar hutan rawa dan perairan, menjadikan Sumatera Selatan kaya akan satwa akuatik juga pesisir. Akan tetapi, data jenis, jumlah dan nilai biodiversitas tersebut belum sepenuhnya tersedia. Berbagai ancaman terjadi, diantaranya perkebunan, logging ,alih fungsi lahan menjadi konsesi dan pemukiman. Salah satu daerah yang belum banyak di eksplorasi aspek biodiversitasnya adalah daerah payau perbatasan dengan pesisir pantai Sumatera, yaitu Sungai Jeruju dan Sungai Pasir di Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui tahapan awal dengan melakukan wawancara tehnik snowball sampling kepada nelayan, perangkat desa, masyarakat dan pekerja area penelitian sekitar untuk menentukan lokasi sampling. Selanjutnya dilakukan proses eksplorasi melalui pengamatan langsung dan peggunakan berbagai alat tangkap/jebakan disepanjang pesisir Sungai Jeruju dan Sungai Pasir yang di ikuti dengan pengambilan sampel beberapa jenis burung menarik untuk dijadikan sampel dan di identifikasi. Hasil yang didapatkan melalui kajian penelitian ini akan dianalisa menggunakan indeks keanekagaragaman dan indeks kelimpahan. Hasil penelitian ini diharaplan menjadi data ilmiah mengenai biodiversitas burung pesisir sungai jeruju dan sungai Pasir dan mampu mengisi celah/gap kekosongan data biodiversitas terutama burung pesisir pantai di sepanjang aliran Sungai Jeruju dan Sungai Pasir. Penelitian ini melibatkan Dosen anggota 2 orang dan mahasiswa penelitian S1 2 orang. Dalam penelitian ini Tingkat ketersiapan Teknologi (TKT) yang ingin dicapai adalah TKT 3. Sedangkan output penelitian ini adalah Journal International Bereputasi dan Berdampak Faktor terindeks Scopus dengan target Journal di Marine Ornitology (Scopus Q3) dan/atau Ecologica Montenegrina (Scopus Q2).

Item Type: Other
Additional Information: SK Rektor Penetapan Pemenang Hibag Kompetitif Universitas Sriwijaya Tahun 2022
Subjects: #4 Decrees > Summary of Important Decrees (Surat Keputusan)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 26 Nov 2022 10:57
Last Modified: 26 Nov 2022 10:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/82271

Actions (login required)

View Item View Item