SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITI: Potensi Biodiversitas Pisces di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Jeruju Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan

Setiawan, Arum (2021) SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITI: Potensi Biodiversitas Pisces di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Jeruju Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITIF-TAHAP-I TAHUN 2021.pdf]
Preview
Text
SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITIF-TAHAP-I TAHUN 2021.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki keanekaragaman jenis ikan air tawar tertinggi di dunia setelah Brazil. Hutan Indonesia memiliki kekayaan biodiversitas yang tinggi, untuk itu indonesia termasuk ke dalam tiga besar negara dengan megabiodiversitas. Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki kawasan hutan sebagai penyedia data dukung dan daya tampung terhadap bidoversitas adalah Sumatera Selatan. Akan tetapi, data jenis,jumlah dan nilai biodiversitas pisces (khususnya gelodok) tersebut belum sepenuhnya tersedia. Berbagai ancaman terjadi, diantaranya perkebunan, logging,alih fungsi lahan menjadi konsesi dan pemukiman. Salah satu daerah yang belum banyak di eksplorasi aspek biodiversitasnya adalah Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Jeruju di Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Alat yang digunakan pada penelitian ini yaitu Alat tulis, Binokuler, Boots safety, Buku panduan kerja lapangan, Environment meter, Global Positioning System (GPS)map 62s Garmin, Jaring ikan, fish line, Bubu, Penilar, Jala, Pancing, Tangkul, Kamera DSLR Cannon 1100 d, Kompas, Meteran kain, Penilar, Penggaris, pH meter, Senter, Soil tester, Tajur, Tally sheet, toples sampel, dan ziplock. Sedangkan bahan yang dibutuhkan adalah umpan (cacing nipah dan udang), formalin 4% dan alkohol 70%. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui tahapan awal dengan melakukan wawancara kepada nelayan, perangkat desa, masyarakat dan pekerja area konsesis sekitar DAS Sungai Jeruju untuk menentukan lokasi sampling. Selanjutnya dilakukan proses eksplorasi melalui pengamatan langsung dan peggunakan berbagai alat tangkap/jebakan disepanjang DAS Sungai Jeruju yang di ikuti dengan pengambilan sampel beberapa jenis pisces menarik dan belum teridentifikasi langsung untuk diawetkan sebagai sampel biota untuk uji laboratium. Hasil yang didapatkan melalui kajian penelitian ini akan diolah dan dipisahkan berdasarkan status konservasinya, kemudian dianalisa menggunakan indeks keanekagaragaman dan indeks kelimpahan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi data dan memberikan informasi ilmiah mengenai potensial biodiversitas pisces dan mampu mengisicelah/gap kekosongan data biodiversitas pisces (khususnya gelodok) di DAS Sungai Jeruju.

Item Type: Other
Additional Information: SK Rektor Universitas Sriwijaya Penetapan Pemenang Hibah Kompetitif Tahun 2021
Subjects: #4 Decrees > Summary of Important Decrees (Surat Keputusan)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 26 Nov 2022 09:53
Last Modified: 26 Nov 2022 09:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/82273

Actions (login required)

View Item View Item