SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITIF: Analisis Kanekaragaman Burung Air sebagai Bioindikator Keanekaragaman Hayati dan Kualitas Air di Sungai Sugihan dan Kawasan Bakau Muara Sugihan sepanjang Aliran Air Limbah Industri Pulp Kertas

Setiawan, Arum (2019) SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITIF: Analisis Kanekaragaman Burung Air sebagai Bioindikator Keanekaragaman Hayati dan Kualitas Air di Sungai Sugihan dan Kawasan Bakau Muara Sugihan sepanjang Aliran Air Limbah Industri Pulp Kertas. Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITIF-TAHAP-I TAHUN 2019.pdf]
Preview
Text
SK-REKTOR-UNGGULAN-KOMPETITIF-TAHAP-I TAHUN 2019.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Analisis Kanekaragaman Burung Air sebagai Bioindikator Keanekaragaman Hayati dan Kualitas Air di Sungai Sugihan dan Kawasan Bakau Muara Sugihan sepanjang Aliran Air Limbah Industri Pulp Kertas perlu dilakukan sebagai tindak lanjut dari penelitian sebelumnya yang mengukur kualitas perairan dan indeks keanekaragaman ikan yang berada di perairan tersebut. Setelah diketahui dari hasil penelitian sebelumnya yang melakukan pengujian kandungan parameter fisika dan kimia serta biota pada ekosistem perairan tersebut sehingga data diketahui tingkat pelarutan dispersi serta analisis tingkat polusi pada air limbah dan air permukaan/Sungai Sugihan yang bercamppur dengan air limbah buangan pabrik pulp kertas. Dari hasil analisis pengujian kimi serta analisis polutan prioritas, dalam hal ini PO4 dan NH3 da[at diketahui informasi mengenai kualitas dan kuantitas polusi yang terjadi yaitu bahwa perairan di daaerah tersebut pada tahap operasional industri pulp kertas masih memungkinkan dan masih memenuhi baku mutu lingkungan hidup. Dengan Metode pengujian dan pengamatan parameter kimia dan biologis diharapkan bisa memberikan informasi deskripsi kualitatif kehadiran dan kekuatan toksisitas polutan pada lingkungan perairan yang diamati, Sehingga komparabilitas dan interpretasi respon biologis terhadap kompleks komposisi senyawa akan ditentukan dengan melihat komposisi parameter kimia dan keanekaragaman biota perairan yang dapat bertahan hidup di lingkungan perairan yang dibatasi oleh perbedaan kepekaan terhadap kontaminan individu dan gradien pH asam-basa dan menentukan faktor faktor pembatas yang potensial pada ekosistem air Sungai Sugihan dan Kanal Limbah. Dalam hal evaluasi ekotoksikologis pencemaran dalam sistem perairan kanal limbah dan sungai yang terjadi akan diamati guna mengetahui perubahan kualitas air dan beban pencemaran di lingkungan perairan dengan perbedaan gradien pH asam-basa dan kandungan nutriwn PO4 dan NH3 yang berasal dari air limbah yang masuk ke sungai. Dengan masuknya bahan pencemar tersebut, diperkirakan akan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap biodiversitas ikan dan kehidupan ikan yang ada do sepanjang aliran Sungai Sugihan. Dalam hal ini juga akan berpengaruh terhadap segala bentuk kehidupan lain yang ada di sepanjang aliran sungai tersebut, menginghat adanya kegiatan perkampungan dan masyarakat di muara sungai tersebut. Hal ini akan menimbulkan pengaruh jangka Panjang terhadap jenis-jenis ikan yang berada di daerah tersebut, sehingga apabila terjadi perubahan jenis dan komposisi ikan di perairan tersebut maka burung-burung air yang makanan utamanya ikan diperkirakan akan mengalami perubahan struktur populasi dan keanekaragaman jenisnya. Tingkat Kesiapan Teknologi dalam penelitian ini adalah mengenai Validasi Kode, Komponen dan Laboratorium serta aplikasi teknologi di lapangan (TKT 4 dam 5).

Item Type: Other
Additional Information: SK Rektor Universitas Sriwijaya tentang Penetapan Pemenang Hibah Kompoetitif Tahun 2019
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL671-699 Birds
#4 Decrees > Summary of Important Decrees (Surat Keputusan)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46201-Biology (S1)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 26 Nov 2022 10:50
Last Modified: 26 Nov 2022 10:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/82277

Actions (login required)

View Item View Item