SK Penelitian Kompetitif: Analisis Biodiversitas Ikan sebagai Bioindikator Keanekaragaman Hayati dan Kualitas Air di Sungai Simpang Pangeran dan Sungai Sugihan sepanjang Aliran Air Limbah Industri Pulp Kertas

Setiawan, Arum (2018) SK Penelitian Kompetitif: Analisis Biodiversitas Ikan sebagai Bioindikator Keanekaragaman Hayati dan Kualitas Air di Sungai Simpang Pangeran dan Sungai Sugihan sepanjang Aliran Air Limbah Industri Pulp Kertas. Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of kompeitif 2018.pdf]
Preview
Text
kompeitif 2018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Analisis Biodiversitas Ikan yang terdapat di Sepanjang Aliran Sungai Simpang Pangeran dan Sungai Sugihan yang dialiri oleh air limbah industry pulp kertas perlu dilakukan sebagai tindak lanjut dari penelitian sebelumnya yang mengukur kualitas perairan di daerah tersebut. Setelah diketahui dari hasil penelitian sebelumnya yang melakukan pengujian kandungan parameter fisika dan kimia dan biota pada ekosistem perairan tersebut sehingga data diketahui tingkat pelarutan dan dispersi serta analisis tingkat polusi air pada air limbah dan air permukaan/Sungai Simpang Pangeran dan Sungai Sugihan yang berasal dari air limbah industri pulp kertas. Dari hasil analisis Pengujian kimia serta analisis polutan prioritas dalam hal ini adalah PO4 dan NH3, dapat diektahui informasi mengenai kualitas dan kuantitas polusi yang terjadi yaitu bahwa perairan didaerah tersebut pada tahap awal operasional indutsri pulp kertas masih memungkinkan dan masih memenuhi baku mutu lingkungan hidup. Dengan metode penelitian yaitu Metode pengujian dan pengamatan parameter kimia dan biota perairan pada penelitian sebelumnya diketahui informasi deskripsi kualitatif kehadiran dan kekuatan toksisitas polutan pada lingkungan perairan yang diamati, dimana kontaminan bahan kimia pada sedimen dan air tawar biasanya terjadi tidak sebagai zat tunggal tapi ditemukan sebagai campuran dari beragam polutan. Sehingga komparabilitas dan interpretasi respon biologis terhadap kompleks komposisi senyawa akan coba ditentukan dengan melihat jumlah, komposisi dan keanekaragaman benthos, planton dan nekton yang dapat bertahan hidup di lingkungan perairan yang dibatasi oleh perbedaan kepekaan terhadap kontaminan individu dengan perbedaan pH asam-basa serta kondisi parameter kimia air permukaan. Dalam hal ini evaluasi ekotoksikologis pencemaran dalam sistem perairan kanal limbah dan sungai yang terjadi akan diamati guna mengetahui perubahan kualitas air dan beban pencemaran di lingkungan perairan dengan perbedaan gradien pH asam-basa dan kandungan nutrien PO4 dan NH3 yang berasal dari air limbah yang masuk ke sungai. Dengan masuknya bahan pencemar tersebut, diperkirakan akan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap biodiversitas ikan dan kehidupan ikan yang ada di sepanjang aliran sungai Simpang Pangeran dan Sungai Sugihan. Dalam hal ini akan berpengaruh juga terhadap segala bentuk kehidupan lain yang ada di sepanjang sungai tersebut, mengingat adanya kegiatan perkampungan dan masyarakat di muara kedua sungai tersebut yang bisa menimbulkan pengaruh jangka panjang terhadap jenis jenis ikan yang berada didaerah tersebut, dan juga kandungan logam berat yang ada di dalam ikan-ikan yang tertangkap di sepanjang kedua sungai tersebut.

Item Type: Other
Additional Information: SK Rektor Universitas Sriwijaya tentang Pemenag Hibah Kompetitif Tahun 2018
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
#4 Decrees > Summary of Important Decrees (Surat Keputusan)
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 46101-Biology (S2)
Depositing User: Dr Arum Setiawan
Date Deposited: 26 Nov 2022 11:10
Last Modified: 26 Nov 2022 11:10
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/82291

Actions (login required)

View Item View Item